Wabup Mimika: Penyerahan DPA Jawab “Stres” Pejabat akibat Isu Roling

Wabup Mimika: Penyerahan DPA Jawab "Stres" Pejabat akibat Isu Roling
Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang saat menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran kepada perwakilan OPD.

TIMIKA | Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemkab Mimika, Provinsi Papua Senin (11/2) telah resmi diserahkan. Acara penyerahan dilaksanakan di Pendopo Rumah Negara, SP 3 Timika.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, masing-masing Kepala, Sekretaris dan perwakilan OPD di Lingkup Pemkab Mimika.

Penyerahan dilakukan oleh Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang kepada seluruh OPD yang diwakili lima OPD secara simbolis. Kelima OPD yang menerima diantaranya, Dinas Pekerjaan Umum, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Mimika, dan Distrik Mimika Timur. 

Sementara untuk OPD yang belum menerima DPA, diarahkan untuk mengambil langsung ke Bagian Umum Setda Mimika di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika.

Dalam sambutannya, Yohanis Bassang menyebutkan, penyerahan DPA ini secara langsung menjawab kecemasan yang selama beberapa waktu belakangan ini dialami oleh pimpinan OPD.

"Stres bapak ibu bisa terjawab hari ini. Bagaimana satu bulan lebih ini bapak ibu stres, masih dipakai atau tidak? Dengan pembagian DPA ini ya jawab sendiri," kata Bassang sembari tertawa lepas.

Program yang tertuang pada dokumen pelaksanaan anggaran dari masing-masing OPD kata Dia, bisa dipertanggungjawabkan dan dikoordinasikan dengan sesama OPD. Yang terpenting lanjutnya, selalu meminta petunjuk dari Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

"Kita harap program bisa direalisasikan," katanya singkat.

Ia juga berpesan kepada sejumlah OPD yang menjadi OPD teknis pelaksana penunjang PON 2020 agar lebih memperhatikan segala persiapan menjelang PON. Terlebih pada program-program terkait sarana prasarana dan harus diselesaikan selesaikan di tahun 2019.

Beberapa cabang olahraga akan dipertandingkan di Mimika, untuk itu Ia meminta partisipasi dari semua pihak untuk bisa bersama mensukseskan pelaksanaan PON 2020.

"Suksesnya PON adalah harga diri kita  Pak Gubernur selalu bilang, untuk persiapan PON yang paling siap di Timika," kata Bassang disambut tepuk tangan undangan. 

Selain PON, di tahun 2020 juga Mimika akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pesparawi. Untuk itu ia meminta kepada seluruh pihak untuk berkoordinasi agar kedua event besar ini bisa terlaksana dengan sukses.

Diakhir sambutannya, ia meminta kepada setiap OPD untuk menyelesaikan pertanggungjawaban tahun 2018.

"Jadi pertanggungjawaban tahun 2018 itu, saya harap PPTK Bendahara, tidak usah dikejar-kejar, tidak bagus, harus dikejar dulu baru kerja. Siapkan pertanggungjawaban karena itu merupakan tugas wajib," tuturnya. (Nft/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *