Ketua KPU Mimika: Relawan Demokrasi jadi Tumpuan Meminimalisir Pelanggaran Pemilu

Senin, 11 Feb 2019 19:12 WIT
Relawan Demokrasi foto bersama disela-sela acara Bimtek. (Foto: Kesman/SP)

TIMIKA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Papua kembali melaksanakan Bimbingan Teknis (bimtek) kepada 55 Relawan Demokrasi. 


Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilakukan di salah satu hotel di Timika akhir Januari lalu. 


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Indra Ebang Ola menjelaskan, pelaksanaan bimtek yang dipusatkan di halaman Kantor KPU Mimika, Jalan Hasanuddin, Timika, Papua dihadiri Bawaslu dan Kepolisian setempat.


“Bimtek ini bertujuan untuk menjadi sarana dan informasi kepada relawan, yang nantinya akan menjelaskan ke masyarakat terhadap pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019 nanti,” kata Indra saat ditemui di Kantor KPU Mimika, Senin (11/2).


Indra menjelaskan, keberadaan relawan demokrasi ini untuk membantu komisioner KPU, atau lebih tepatnya sebagai kepanjangan tangan KPU dalam mensosialisasikan tahapan dan mekanisme pemilu serta mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.


“Kami berharap sosialisasi ini dapat meminimalisir pelanggaran atau persoalan yang terjadi di lapangan. Sementara para relawan sudah mulai bekerja sejak menerima Surat keputusan (SK),” ujarnya.


Terkait dengan tugas-tugas, Indra menambahkan, tugas relawan ini termasuk berat. Karena akan bertugas dan tersebar pada 18 Distrik,19 Kelurahan, dan 133 Kampung/Desa yang ada di Mimika.


Lanjutnya, dan dalam melaksanakan tugasnya, para relawan demokrasi ini, tetap memegang pada prinsip demokrasi. Dan tidak terkontaminasi dengan kepentingan politik. Sehingga harapan warga masyarakat Timika, Pemilu bisa berjalan damai dan bermatabat dapat tercapai.


“Kami berharap pelaksanaan Pemilu nanti, benar-benar menjadi pesta demokrasi yang adil, jujur, dan bermartabat. Karenanya dibutuhkan peran dan kerjasama semua pihak,” ungkapnya. (Cr-1/SP)

Kategori:
Bagikan