Pemkab Mimika akan Datangkan Investor Air Bersih dari Singapura

Senin, 11 Feb 2019 20:26 WIT
Lopianus Fuakubun (Foto: Anya/SP)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) akan mendatangkan investor air bersih dari Negara berjuluk The Lion City, Singapura. Rencana ini diprakarsai oleh pemerintah pusat.


Kepala DPMPTSP, Lopianus Fuakubun mengatakan, dirinya sudah diberitahukan oleh pihak investor bahwa mereka akan datang ke Timika pada Minggu ke tiga bulan Februari 2019.


"Nanti Minggu ke 3 Februari mereka datang dalam rangka audience dengan Pemerintah Daerah karena berkaitan dengan review perencanaan teknis," katanya saat diwawancara di Hotel Grand Mozza Timika, Senin (11/2).


Kata dia, sebelumnya perencanaan teknis sendiri dahulu pernah dibuat oleh Dinas Pekerjaan Umum sejak tahun 2012. Selang 7 tahun terjadi aat ini dengan adanya inflasi, seluruh perencanaan teknis tersebut perlu direview kembali.


"Mereka juga akan paparkan mereka punya modeling finansial, tapi itu dari mereka," katanya lagi.


Selain itu, Pemerintah Daerah juga berkewajiban menyiapkan Peraturan Daerah tentang tarif air dan juga yang berkaitan dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mengcover Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)


"Tapi kita lebih prioritas untuk menyelesaikan  air bersih dulu. Karena kita tau ini kebutuhan dasar dan memang amanat MDZ itu bahwa pada tahun 2030 itu masyarakat sudah harus bisa mendapatkan akses air bersih dari pemerintah," jelas Lopianus. (Nft/SP)

Kategori:
Bagikan