KPU MimikaTerima 938 Koli Surat Suara Pemilu 2019

Selasa, 12 Feb 2019 20:11 WIT
Proses pembongkaran logistik surat suara Pemilu 2019 dari truk menuju gudang KPU Mimika. (Foto:Muji/SP)

TIMIKA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika,  telah menerima logistik Pemilu 2019 berupa surat suara sebanyak 938 koli pada Selasa (12/2).

Surat suara tersebut dikawal langsung oleh Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola bersama komisioner lainnya dari Pelabuhan Poumako ke Kantor KPU Mimika, di Jalan Hasanuddin, dengan mendapatkan pengawasan dari Bawaslu Mimika.

938 koli surat suara dari pelabuhan, diangkut dengan menggunakan tiga unit armada truk dan mendapatkan pengamanan dari Satuan Sabhara Polres Mimika.

Indra Ebang Ola mengatakan, surat suara yang diterima terdiri dari Pemilihan Presiden, DPD, DPR RI, DPR Provinsi, dan DPR Kabupaten.

“Untuk surat suara, kami terima sebanyak 938 koli, dengan jumlah 235.981 lembar. Surat suara ini, akan dibagi pada 911 tempat pemungutan suara (TPS), yang tersebar di 18 distrik. Dimana jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Mimika sebanyak 231.265,” kata Indra saat ditemui di Kantor KPU Mimika.

Menyangkut proses penerimaannya sendiri, kata Indra mulai dari pembongkaran kontainer di Pelabuhan Poumako sampai ke gudang Kantor KPU Mimika, semua berjalan dengan lancar. Dan kontainer tempat pengangkutan surat suara masih tersegel.

“Penerimaan surat suara berjalan dengan baik dan lancar, tanpa ada kendala apapun. Dan dari pelabuhan ke kantor, mendapat pengawasan dari Bawaslu. Juga pengamanan dari Polres Mimika,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan pengecekan ulang, untuk memastikan surat suara tersebut tidak rusak. Serta melakukan pemilahan dalam penyusunan agar tidak tercampur satu dengan lainnya.

“Saat di pelabuhan sudah kami cek. Tapi untuk menyakinkan kembali dan untuk penataan, maka saat ini tengah dilakukan pengecekan oleh petugas,” tuturnya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan