Tokoh Perempuan Amungme Soroti Dinsos Soal Tewasnya Pria Gangguan Jiwa

Kamis, 14 Feb 2019 22:23 WIT
Helena Beanal

TIMIKA | Tokoh Perempuan Amungme, Kabupaten Mimika, Helena Beanal, menyoroti Dinas Sosial setempat terkait kasus penemuan mayat pria gangguan jiwa di samping Apotek Arguni, Jalan Yos Sudarso, Kota Timika, Kamis (14/2) pagi. 

Helena Beanal mengaku kecewa lantaran tidak melihat satupun kehadiran pihak Dinas Sosial saat penemuan jasad pria gangguan jiwa tanpa identitas tersebut. 

"Kenapa pihak Dinas Sosial tidak hadir, ini sebagian besar mereka punya tugas," sesal Helena. 

Menurut Helena, Dinas Sosial harusnya telah mendata dan memberi perhatian serius kepada penyandang gangguan jiwa, termasuk dengan upaya rehabilitasi.

Tidak hanya itu, Helena juga menyoroti tidak adanya panti sosial dan rehabilitasi di Kota Timika, hingga membuat para penderita gangguan jiwa ini terabaikan dan berkeliaran dimana-mana. 

"Karna sekarang di Timika ini sudah banyak penyandang gangguan jiwa jadi Dinas Sosial harus bergerak, paling tidak dikirim ke Jayapura atau diberi tempat khusus bagi mereka," ujarnya.

"Karena memang belum ada rumah sakit di Timika yang menangani orang gangguan jiwa, tetapi apa salahnya jika Dinas Sosial bergerak, agar tidak ada lagi yang berkeliaran di jalan-jalan," sambung Helena.

Helena berharap agar Kota Timika bersih dari penderita gangguan jiwa. Ia tak ingin kasus serupa, penderita gangguan jiwa ditemukan tanpa identitas karena tidak adanya pendataan. 

Untuk diketahui, pria yang mengalami gangguan jiwa diperkirakan berumur sekitar 30an tahun ditemukan tak bernyawa di samping Apotek Arguni, Jalan Yos Sudarso, Timika, Kamis (14/2) pagi.

Jenazah pria yang belum diketahui identitasnya atau masih berstatus Mr X itu sementara disemayamkan di RSUD Mimika. 

Polisi telah menangani kasus ini. Dugaan sementara korban meninggal dunia karena sakit. Tidak ada tanda-tanda kekerasan ditemukan di tubuh korban. (Cr-1/SP)

Kategori:
Bagikan