Jaringan FO Pertama di Jayawijaya Sudah Terkoneksi

Jaringan FO Pertama di Jayawijaya Sudah Terkoneksi
Isak Sawaki

WAMENA | Jaringan fiber optik (FO) yang pertama kali dipasang untuk koneksi internet sudah terhubung antara 24 organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jayawijaya Isak Sawaki di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa (19/2), mengatakan tahap berikut adalah mengkoneksikan puluhan OPD tersebut dengan server yang ada di Diskominfo.

"Setelah kita sudah sampai ke servernya, barulah kita akan kembangkan 'user' yang ada disetiap computer di masing-masing OPD," katanya.

Selain OPD yang berdekatan dengan kantor bupati, pusat pelayanan masyarakat yang jauh dengan kantor bupati seperti di RSUD, kantor DPRD, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta puskesmas juga telah dihubungkan instalasinya.

Ia memastikan satu OPD yang akan dibangun koneksinya pada 2019 adalah kantor pelayanan terpadu satu pintu (PTSP).

"Kita akan koneksikan internet semua sebab ini OPD yang berada dalam rencana aksi KPK, karena tugas OPD-OPT itu untuk pelayanan umum kepada masyarakat," katanya.

Melalui koneksi internet yang segera aktif semua, OPD tidak lagi membawa data mereka untuk diinput secara daring di diskominfo.

"Termasuk data yang berkaitan dengan LHKPN yang sedang diinput, bisa langsung OPD masing-masing," katanya.

Isak mengatakan koneksi internet antar OPD sudah dapat terhubung setelah dilakukan perbaikan kabel FO yang putus di belakang kantor bupati, akibat terbakar saat pembakaran sampah. (Antara/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *