Ausilius You Kembali Aktif Jadi Sekda Mimika

Ausilius You Kembali Aktif Jadi Sekda Mimika
Sekda Mimika, Ausilius You - (Foto : Nya/SP)

TIMIKA | Bupati Mimika Eltinus Omaleng telah mengaktifkan kembali Ausilius You sebagai Sekda Mimika setelah menandatangani SK pengaktifan hari ini.  Informasi ini disampaikan Sekda You dalam sambutannya pada apel siang di Halaman Kantor Pusat Pemerintahan SPIII, Rabu (16/8).

You mengatakan, pengumuman pengaktifan kembali dirinya sebagai Sekda seharusnya dilakukan oleh Bupati, akan tetapi karena berhalangan sehingga dirinya diminta langsung oleh Bupati untuk menyampaikan hal tersebut kepada seluruh pegawai pemerintahan Mimika.

“Jadi tadi siang Pak Bupati sudah tandatangan SK pengaktifan kembali dan beliau suruh saya untuk umumkan dalam apel ini,” kata You.

Saat diwawancarai, meskipun pengaktifan kembali dirinya sebagai Sekda baru dilaksanakan hari ini, tetapi selama ini dirinya selalu menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagaimana mestinya.

“Selama ini saya jalan, ada beberapa kewenangan tertentu yang saya laksanakan salah satunya penandatanganan berkas kenaikan berkala golongan dan sebagainya,” tuturnya.

You berharapseluruh jajaran pemerintahan dapat bersinergi dan saling mendukung untuk memajukan pembangunan Mimika melalu peran dan fungsi masing-masing.

“Mari kita bergandengan tangan mengedepankan Eme Neme Yauware, karena ada kekuatan di sana,” ujarnya.

Hal ini juga dilakukan atas saran dari Direktur Jendral Otonomi Daerah (Dirjen OTDA) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Soni Sumarsono kepada Bupati Mimika untuk segera mengaktifkan kembali Ausilius You sebagai Sekretaris Daerah Mimika.

Soni menjelaskan, berdasarkan undang-undang Sekda bertugas mengawal RAPBD Perubahan dan APBD dalam proses hukum dan akuntabilitas. Sambungnya, untuk menyerahkan RAPBD Perubahan  harus dikawal langsung oleh Sekda dan bukan Pelaksana Tugas (PLT) Sekda agar tidak bermasalah secara hukum.

“Untuk itu pada kesempatan ini saya sarankan Bupati segera ambil keputusan, keputusan untuk mengaktifkan kembali Sekda juga tergantung Bupati,” kata Soni saat memimpin apel di Halaman Kantor Pusat Pemerintahan SPIII, Rabu (16/8).

Menurutnya, dengan semangat dan komitmen Bupati Mimika untuk membenahi birokrasi pemerintahan Kabupaten Mimika, maka Sekda yang ada harus diaktifkan.

“Karena dalam konsolidasi itu tidak ada menang dan kalah. Jadi semuanya mari siapkan langkah kedepan yang lebih baik untuk kemajuan Mimika,” ujarnya. (Nft/SP)

Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.