Satpol PP Mimika Tertibkan PKL Sepanjang Jalan Budi Utomo

Senin, 11 Mar 2019 17:38 WIT
Satpol PP Tertibkan Sejumlah PKL Sepanjang Jalan Budi Utomo Kota Mimika (Foto: Engkesman/SP)

TIMIKA | Petugas Dinas Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mimika Papua menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di trotoar sepanjang jalan Budi Utomo dan jalan Cenderawasih, Senin (11/3). 


Penertiban PKL itu dipimpin oleh Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum, Dinas Satpol PP, Barnabas Diaz. 


"Kami melakukan penertiban ini, karena trotoar merupakan hak bagi pejalan kaki sehingga tidak boleh dialihfungsikan sebagai tempat untuk berdagang," kata Barnabas. 


Pada Penertiban ini didapati beberapa pedagang tidak memiliki ijin berdagang dan tidak membayar retribusi kepada pemerintah daerah. Sejumlah pedagang bahkan tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).


"Di harapkan dengan adanya penertiban PKL ini Kabupaten Mimika akan terlihat bersih, apalagi jelang PON XX mendatang," ungkapnya. 


Barnabas menuturkan, untuk saat ini para pedagang hanya diberi imbauan dan menandatangani perjanjian untuk tidak berdagang lagi. 


"Jika dalam satu pekan ke depan mereka masih tidak mengindahkan imbauan ini,  petugas terpaksa mengambil langka tegas dengan menyita barang dagangan para PKL,"tegasnya. (Cr-1/SP)

Kategori:
Bagikan