60 ASN di Mimika Ikut Pelatihan Kepemimpinan

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng saat menyematkan tanda peserta kepada peserta yang mengikuti pelatihan kepemimpinan. (Foto: Diskominfo Mimika)
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng saat menyematkan tanda peserta kepada peserta yang mengikuti pelatihan kepemimpinan. (Foto: Diskominfo Mimika)

TIMIKA | Sebanyak 60 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) ikut dalam acara Pelatihan Kepemimpinan Administrator Anggkatan III dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan I di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika.

60 orang tersebut terdiri dari 30 orang untuk untuk PIM III dan 30 orang untuk PIM IV.

Dalam rilis dari Kominfo yang diterima oleh Seputarpapua.com, Pada Senin (15/8/2022), Bupati Mimika Eltinus Omaleng membuka secara resmi kegiatan pelatihan yang bekerja sama dengan BPSDM Pemerintah Provinsi Papua tahun anggaran 2022.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, salah satu program utama pemerintah dewasa ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang itu dengan mengembangkan kompetensi pejabat eselon III dan eselon IV guna menjawab tuntutan masyarakat terhadap tersedianya pelayanan yang prima, efesien dan efektif serta terjangkau.

“ASN sebagai pelaku utama pelayanan dituntut agar dapat mengaktualisasikan kinerja pelayanan semaksimal mungkin, baik pelayanan publik yang bersifat langsung maupun tidak langsung,” jelas Bupati.

Lanjut Bupati, untuk menjawab tantangan tersebut, maka pelaksanaan pelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan saat ini merupakan kunci utama dalam proses transformasi ilmu pengetahuan kepada para peserta dengan harapan kedepan dapat mewujudkan pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan manajemen yang terukur sesuai ketentuan yang berlaku.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak kita semua untuk memajukan Mimika sebagai kabupaten yang mandiri, inovatif, moderat, dan adaptif. Melalui pelatihan ini saya berharap kepada para peserta agar dapat meningkatkan kompetensi selalu terus berupaya meraih prestasi,” ungkap Bupati.

Bupati menegaskan salah satu sikap yang harus dimiliki oleh pemimpin ada komitmen, salah satunya adalah bersedia mendengar masukan maupun dikritik demi tercapainya tujuan yang diharapkan.

“Selaku Bupati, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini kepala BPSDM Provinsi Papua atas kerjasamanya dengan Pemerintah Kabupaten Mimika dalam penyelenggaraan pelatihan yang dilaksanakan saat ini. kedepan, kami masih tetap berharap kerjasama seperti ini dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk kediklatan, sehingga perlu terus dikembangkan dalam upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Mimika,” tutup Bupati.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Mimika, Ananias Faot menjelaskan peserta diklat kepemimpinan akan dikarantina selama dua minggu di wisma atlet.

“Mereka akan mengikuti proses belajar selama 2 minggu. Kemudian akan dilaksanakan aktualisasi di LAN Makassar yang kemudian baru dikembalikan ke OPD masing-masing untuK mengimplementasikan pelajaran yang selama diklat diperoleh,” jelasnya.

Ia berharap, seluruh peserta dapat mengikuti diklat dengan baik, kemudian ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan dalam kehidupan kerja di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). masing-masing.

 

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.