KPU Mimika Bentuk Pokja Pelipatan dan Penyortiran Surat Suara Pemilu

Rabu, 13 Mar 2019 18:23 WIT
Fidelis Piligame

TIMIKA | Guna mengefektifkan pelaksanaan pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika akan membentuk kelompok kerja (pokja).

Komisioner Divisi SDM dan Sosialisasi KPU Mimika, Fidelis Piligame mengatakan, terkait perkembangan pelipatan surat suara Pemilu 2019 yang sebelumnya dilakukan penundaan sementara, KPU Mimika sudah melakukan rapat.

Hasil dari rapat tersebut, pihaknya akan membentuk pokja pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu 2019. Ini bertujuan, agar pelaksanaannya lebih tertib dan terkontrol, serta memudahkan dalam proses pengawasan.

“Pokja yang terbentuk ini, khusus untuk pelipatan dan penyortiran surat suara,” kata Fidelis menegaskan.

Menurut Fidelis, seharusnya Rabu ini dilakukan penyortiran surat suara karena adanya surat suara DPRP Papua dari daerah pemilihan (dapil) 4, namun karena ada beberapa hal, seperti perekrutan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), sehingga ditunda sampai Kamis (14/3) besok pagi.

Setelah dilakukan penyortiran dan diketahui jumlahnya berapa, maka akan dibuatkan surat berita acara.

“Besok pagi akan dilakukan penyortiran untuk DPRP Papua, yang jumlahnya kurang lebih 40 Koli. Menyangkut mekanisme diserahkan ke Sekretaris KPU Mimika dan tempatnya masih di kantor KPU,” terangnya.

Sementara untuk pelipatan dan penyortiran surat suara yang lain, akan dilakukan di Graha Eme Neme Yauware. Ini dilakukan karena adanya pertimbangan, mulai tempat sampai pada keamanan dan pengawasannya.

“Kemungkinan pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu yang belum, akan mulai dilakukan pada 20 Maret 2019. Ini karena, Graha Eme Neme Yauware saat ini masih digunakan atau disewa oleh pihak lain,” tuturnya. (mkr/SP)

Kategori:
Bagikan