Pangkostrad Kunjungan Kerja ke Timika

Kamis, 14 Mar 2019 13:08 WIT
Pangkostrad saat kunjungan kerja ke Timika

TIMIKA | Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Besar Harto Karyawan, Kamis (14/3) siang ini malakukan kunjungan kerja ke Timika, Papua.

Pangkostrad didampingi Panglima Divisi III Kostrad Mayjen TNI Ahmad Marzuki bersama rombongan tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika sekitar pukul 10.30 WIT dengan penerbangan Garuda Indonesia dari Jayapura.

Selama berada di Timika, Pangkostrad dijadwalkan memberikan pengarahan kepada prajurit TNI Batalyon Infantri 754 ENK/Kostrad dan Brigif 20/IJK/III Kostrad.

Pangkostrad juga dijadwalkan mengunjungi lokasi pertambangan PT Freeport Indonesia di Tembagapura.

Kunjungan kerja Pangkostrad ke Timika hanya berselang beberapa hari pascapengiriman 600 prajurit TNI dari kesatuan Kostrad dan Zipur ke Kabupaten Nduga untuk melanjutkan pembangunan jalan dan jembatan proyek Trans-Papua.

Sebanyak 600 prajurit TNI yang dikirim ke Nduga itu terdiri atas 150 prajurit Batalyon Zipur 8 Makassar yang bertugas mengerjakan jalan dan jembatan Trans Papua serta 450 prajurit Batalyon 431 Kostrad Makassar yang melakukan pengamanan selama pekerjaan berlangsung.

Hingga akhir 2019, Mabes TNI menargetkan bisa merampungkan pembangunan 30 jembatan di ruas Trans Papua yang menghubungkan Mbua-Paro-Batas Batu-Mumugu.

Proyek tersebut sebelumnya ditangani PT Istaka Karya dan PT Brantas Abipraya, namun terhenti sejak awal Desember 2018 pascainsiden pembantaian terhadap belasan pekerja PT Istaka Karya oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata/KKSB pimpinan Egianus Kogoya.(Antara/SP).

Kategori:
Bagikan