Pemprof Papua Agendakan Bangun Jalan Layang Atasi Kemacetan

Kamis, 14 Mar 2019 14:20 WIT
Girius One Yoman

JAYAPURA | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Pekerjaan Umum berencana membangun jalan layang guna mengatasi kemacetan lalu lintas di wilayah Waena hingga Skyland, Kota Jayapura.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua, Girius One Yoman di Jayapura, Kamis (14/3), mengatakan jalan layang tersebut akan dibangun mulai dari depan SPBU Padang Bulan-Abepura-Kotaraja hingga tersambung dengan jalan lingkar Hamadi-Skyland.

"Pembangunan jalan layang ini sudah masuk dalam program kerja Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua, dimana dalam waktu dekat akan dilakukan studi kelayakan," tambahnya.

Menurut Girius, hal ini perlu dilakukan karena sudah tidak memungkinkan untuk melakukan pelebaran jalan di wilayah Abepura dan sekitarnya, selain itu biaya pembebasan lahan sangat mahal sehingga pembangunan jalan layang ini menjadi salah satu alternatif.

"Untuk itu, kami akan duduk bersama dengan pihak terkait membahas rencana studi untuk mengetahui kelayakan rencana pembangunan jalan layang tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mengharapkan perusahaan Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) seperti PT. PP (Persero), PT. Waskita Karya maupun PT Nindya Karya (Persero) bisa sama-sama merencanakan dan melakukan studi kelayakan pembangunan jalan layang tersebut.

"Keberadaan jalan layang ini merupakan solusi efektif untuk mengurai kemacetan, sebab, dengan volume kendaraan yang terus meningkat menyebabkan penumpukan kendaraan di wilayah Abepura dan sekitarnya," tambahnya.

Dia menyebutkan pada intinya tahun ini akan dilakukan studi kelayakan, anggaran sudah disiapkan, dan diharapkan ada keterlibatan perusahaan BUMN.(Antara/SP).

Kategori:
Bagikan