Lapas Kelas IIB Timika Kekurangan Personil

Lapas Kelas IIB Timika Kekurangan Personil
Kantor Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Timika- (Foto : Irsul/SP)

TIMIKA I Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Timika, Usman mengatakan saat ini instansi yang dipimpinnya masih kekurangan personil untuk melakukan pengawasan terhadap warga binaan.

Demikian dikatakan Usman saat ditemui Wartawan di Lapas Klas IIB Timika, Kampung Limau Asri (SP5), Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (17/8/17).

“Selama ini sering terjadi napi kabur, itu karena kami kakurangan personil untuk melakukan pengawasan terhadap warga binaan yang jumlahnya tidak seimbang dengan tenaga yang kami miliki,” ungkap Usman.

Ia menjelaskan, saat ini jumlah warga binaan di Lapas Timika sebanyak 188 orang. Dengan rincian, narapidana (napi) sebanyak 126 dan tahanan sebanyak 62 orang. Sementara jumlah personil Lapas sebanyak 32 orang.

Dengan jumlah tersebut, lanjut Usman, sangat jauh dari standar atau ideal. Dimana idealnya, satu personil menangani tiga orang warga binaan. Namun saat ini di Lapas Timika, satu personil harus menangani lima sampai enam orang.

“Inilah yang menjadi kendala kami di Lapas Timika, yakni kekurangan personil. Untuk itu, kami membangun blok baru ditempat yang biasanya dilakukan pelarian, dinding bangunan cukup tinggi dengan maksud bisa menutup cela-cela yang digunakan untuk kabur,” jelasnya.

IKLAN-TENGAH-berita

Ia menambahkan, kekurangan personil ini sudah disampaikan kepada pimpinan wilayah dan pusat.

“Kami bersyukur sekali karena informasi dari Kepala Kantor Wilayah  Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kumham) Papua, bahwa Lapas Timika akan ada penambahan 20 personil lagi,” tutur Usman.

Lanjutnya, pihaknya sangat senang dengan adanya penambahan personil tersebut. Walaupun jumlahnya masih jauh yang diharapkan. Tetapi minimal ada penambahan personil untuk melakukan pembinaan, pengawasan terhadap warga binaan. (mjo/SP)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar