Buka Musrenbang di Agats, Ini Harapan Wabup Asmat

Kamis, 14 Mar 2019 23:53 WIT
Wakil Bupati Asmat Thomas E. Safanpo saat membuka Musrenbang di Distrik Agats.

ASMAT | Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo mengharapkan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Asmat dapat memanfaatkan moment kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) untuk menyampaikan berbagai usulan pembangunan di Asmat.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo saat membuka kegiatan Musrenbang Distrik Agats di Agats pada Kamis (14/3).

Wabup Thomas mengatakan musrenbang penting untuk dilaksanakan, karena melalui forum tersebut seluruh elemen masyarakat bisa menyampaikan usulan prioritas untuk pembangunan Kabupaten Asmat yang lebih baik.

“Karena melalui forum ini kita menentukan kesejahteraan seluruh masyarakat Asmat. Kita yang merencanakan program-program prioritas di kampung, distrik maupun kabupaten,” kata Thomas.

Orang nomor dua di Kabupaten Asmat itu mengatakan usulan warga diseleksi secara bertahap dari tingkat kampung, distrik dan kabupaten. Selanjutnya akan dibawa ke provinsi dan ke tingkat nasional.

“Sekarang ini usulan program juga sudah dilakukan secara online dengan aplikasi e-planning yang terintegrasi dengan penganggaran dan penatausahaan keuangan,” kata Thomas.

Ia menjelaskan usulan pembangunan di tingkat distrik akan dibahas dan disinergikan dengan rencana kerja (Renja) organisasi perangkat daerah (OPD) setempat, selanjutnya dibawa pada musrenbang kabupaten.

“Usulan prioritas di musrenbang kampung langsung dimasukkan dalam rencana kerja pemerintah kampung. Sementara hasil musrenbang kabupaten akan dibawa ke provinsi,” ujarnya.

Thomas juga mengharapkan agar para kepala kampung, kepala distrik dan pimpinan OPD mengoptimalkan rencana pembangunan serta memanfaatkan anggaran secara efisien, efektif, transparan dan akuntabel.

“Sehingga program yang dilaksanakan bisa tepat sasaran dan menjawab harapan masyarakat akan pembangunan,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Wabup Thomas juga berharap agar kader Posyandu di kampung dan distrik terlibat aktif dalam penyadaran kesehatan kepada masyarakat.

“Kader posyandu di tiap kampung harus membantu pemerintah mensosialisasikan kesehatan dasar. Ini dilakukan untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak serta nifas,” tandasnya. (NT/SP)

Kategori:
Bagikan