Pemkab Asmat Rekrut Kader Posyandu di 224 Kampung

Jumat, 15 Mar 2019 15:53 WIT
Bupati Asmat Elisa Kambu saat mengunjungi warganya

ASMAT | Pemerintah Kabupaten Asmat bakal mengaktifkan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kabupaten Asmat dengan merekrut tujuh kader di 224 kampung setempat.

Bupati Asmat Elisa Kambu menjelaskan bahwa dengan mengaktifkan kegiatan Posyandu tersebut, pemerintah daerah berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Asmat.

“Kita akan merekrut tujuh kader Posyandu di tiap kampung. Kader akan membantu pemerintah daerah mensosialisasikan kesehatan dasar ibu dan anak serta beberapa program kesehatan lainnya,” kata Elisa di Agats, Kamis (14/3).

Bupati Elisa mengatakan kader Posyandu akan bekerja sama dengan paramedis di distrik, terutama untuk memberikan sosialisasi kesehatan, menekan angka kematian ibu dan anak serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kesehatan.

“Juga mendorong KB dan program kesehatan lainnya. Posyandu berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, ketahanan keluarga dan ekonomi keluarga sejahtera,” ujarnya.

Dikatakan sasaran utama pelayanan posyandu ialah terpenuhinya kesehatan ibu dan balita. Untuk meningkatkan gizi balita, kader posyandu diharapkan memberikan penyuluhan tentang pentingnya ASI, status gizi anak, imunisasi, dan stimulasi tumbuh kembang anak. 

“Kader harus mengedukasi para ibu untuk rutin ke posyandu, sehingga pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak bisa terpenuhi dengan baik,” ujarnya.

Orang nomor satu di Asmat itu berharap agar seluruh elemen masyarakat mendukung upaya pemerintah meningkatkan derajat kesehatan melalui peningkatan kegiatan pos pelayanan terpadu.

“Apalagi kita punya banyak program kesehatan seperti seribu hari pertama kehidupan, pemberian makanan tambahan, bangga Papua dan sebagainya. Masyarakat harus terlibat di dalamnya,” tandasnya. (NT/SP)

Kategori:
Bagikan