Kejari Mimika Siapkan Delapan JPU Hadapi Persidangan KNPB

Jumat, 15 Mar 2019 17:10 WIT
Aparat keamanan saat menduduki Sekretariat KNPB Timika beberapa waktu lalu. (Foto: Dok/SP)

TIMIKA | Kejaksaan Negeri (Kejari) Mimika, Papua mempersiapkan satu tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang berjumlah delapan orang guna menghadapi persidangan kasus dugaan makar oleh 3 orang pentolan Komite Nasional Papua Barat (KNPB).


Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Mimika, Joice E. Mariai mengatakan, pihaknya menerima pelimpahan berkas perkara tahap 2 dari kepoliaian pada 8 Maret 2019 lalu.


Tahap 2 sendiri merupakan penyerahan barang bukti dan tersangka. Dalam kasus ini tiga orang yang dijadikan tersangka adalah YA, ED dan SA. 


“Dalam berkas tersebut, ketiga tersangka dikenakan pasal 106 juncto pasal 87 juncto pasal 53 KUHP, terkait makar. Pasal 110 ayat 2 (4) juncto pasal 88 KUHP, dan pasal 69 ayat 1 dan 3,” kata Kasipidum saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (15/3).


“Formasi JPU yang ditunjuk dalam persidangan kasus ini lengkap. Dimana ada sebanyak delapan orang. Saya sendiri yang akan memimpin JPU,” terangnya.


Ia menambahkan, pelimpahan berkas ke Pengadilan Negeri Kota Timika rencana akan dilakukan Senin, 18 Maret 2019 mendatang. 


Lanjut dia, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polres Mimika terkait pengamanan jalannya persidangan. 


“Saat ini ketiga tersangka, kami titipkan dalam ruang tahanan Polres Mimika. Tujuannya, terkait masalah keamanan,” ujarnya.


Sebelumnya, atas penangkapan dan penggerebekan di sekretariat KNPB di Jalan Freeport lama 31 Desember 2018 lalu, melalui kuasa hukumnya tiga orang pentolan KNPB mengajukan gugatan praperadilan kepada Polda Papua dan Polres Mimika karena menilai peristiwa tersebut tidak sesuai prosedur. 


Gugatan tersebut telah disidangkan di PN Kota Timika dengan Majelis Hakim tunggal, Saiful Anam.


Pada sidang gugatan dengan tahapan putusan, yang digelar pada Selasa (19/2), Majelis Hakim PN Kota Timika menolak permohonan ketiga tersangka secara keseluruhan. (mkr/SP)

Kategori:
Bagikan