Aksi TNI Selamatkan Bayi Lima Bulan Korban Banjir Bandang Sentani

Aksi TNI Selamatkan Bayi Lima Bulan Korban Banjir Bandang Sentani
Seorang prajurit TNI menggendong bayi yang diselamatkan. (Foto: Pendam)

TIMIKA | Prajurit TNI dari Yonif RK 751/VJS berhasil menyelamatkan bayi lima (5) bulan yang terjebak banjir selama kurang lebih enam jam dalam kolong rumah, di Kampung Taruna, Jalan Sosial, Sentani, Jayapura.

Awalnya, tim dari Yonif 751 terdiri dari  Sertu Hanafi, Sertu Samsi, Prada Yacob, Prada Yusril dan Prada Syahril melakukan penyisiran pasca banjir di kawasan Jalan Sosial, Sentani, pada Minggu (17/3) pagi. 

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi dalam rilis, Minggu (17/3) mengatakan, pada saat melaksanakan penyisiran, Prada Syahril menemukan bayi (umur 5 bulan) di kolong rumah dengan posisi terjepit kayu reruntuhan rumah. 

Prada Syahril dibantu rekan lainnya melakukan penyelamatan dengan menggunakan dua buah gergaji untuk memotong kayu yang menjepit badan bayi tersebut. 

Akhirnya bayi malang anak suku orang asli Papua itu berhasil dikeluarkan dari jepitan kayu dalam keadaan selamat. 

"Prada Syahril menggendong bayi tersebut kemudian dilarikan ke puskesmas terdekat dengan sepeda motor, namun ditengah jalan berpapasan dengan ambulance sehingga bayi dievakuasi ke puskesmas Sentani," jelas Kapendam. 

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, sejak Sabtu malam telah menginstruksikan seluruh jajarannya untuk mengerahkan pasukan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membantu rakyat.

Satuan perbekalan dan angkutan Kodam (Bekang Dam) telah mendirikan posko bantuan dan dapur umum di Posko Gereja Marthen Luther, Lorong Salatiga , Distrik Sentani, kemudian satu posko pelayanan didirikan di Mako Yonif R 751/Wira Jaya Sakti.

Masing-masing dapur umum ini dilayani oleh 25 orang prajurit Bekang dengan kapasitas mampu melayani 1.000-3.500 orang. Meski diperkirahkan pengungsi tidak mencapai jumlah tersebut, namun untuk efektifitas karena tempatnya terpencar, maka didirikan sekaligus dua unit dapur umum. (azk/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *