Belasan Peserta Upacara HUT RI di Mimika Jatuh Pingsan

Belasan Peserta Upacara HUT RI di Mimika Jatuh Pingsan
Tim medis tergopoh-gopoh mengevakuasi peserta upacara yang jatuh pingsan saat upacara peringatan HUT RI di lapangan Kantor Pusat Pemerintahan Mimika, Kamis (17/8/17) - Foto : Sevianto/SP

TIMIKA | Upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di lapangan Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (17/8/17), diwarnai insiden.

Puluhan peserta upacara terjatuh pingsan di tengah lapangan hingga membuat petugas kesehatan bergegas melakukan evakuasi. Peserta yang tumbang langsung ditandu keluar barisan.

Salah satu anggota tim medis gabungan HUT RI ke-72 di Mimika, Disyan L Berkat mengatakan, setidaknya total 19 peserta upacara yang umumnya merupakan anak sekolah tumbang.

“Total 19 peserta upacara yang dibawa ke posko oleh tim medis,” kata Disyan L Berkat kepada wartawan usai upacara.

Menurut Disyan, peserta upacara yang tumbang umumnya tidak sarapan dan tidak cukup tidur. Kondisi tersebut membuat perserta mengalami maag dan pusing, apalagi harus berdiri lama dalam barisan upacara.

“Mereka kemungkinan tidak sarapan dan kurang istrahat. Sebagian besar yang dievakuasi adalah siswa sekolah,” katanya.

IKLAN-TENGAH-berita

Tim medis membagi diri dan menyebar tepat di belakang barisan upacara. Peserta yang sakit langsung dievakusi ke posko di belakang baligho ucapan HUT Kemerdekaan Pemkab Mimika.

“Tidak ada peserta dilakukan perawatan lanjutan. Semua bisa pulih setelah ditangani di Posko,” kata dia.

Tim medis gabungan HUT RI ke-72 Kabupaten Mimika, terdiri atas Dinas Kesehatan, RSUD, Rumkitban, Klink Lanud, Klinik Lanal, Klinik Tribrata, dan PMI Timika. (rum/SP)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar