Pemkab Asmat Sosialisasikan Pemilu 2019

Pemkab Asmat Sosialisasikan Pemilu 2019
Asisten III Setda Asmat Syamsul Agas (tengah) saat membuka kegiatan sosialisai Pemilu 2019.

ASMAT | Pemerintah Kabupaten Asmat melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) mensosialisasikan Pemilu serentak 2019 kepada politisi dan tokoh pemuda di Agats, Sabtu (16/3).

Materi sosialisasi terkait Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Sosialisasi tersebut dibuka Asisten III Setda Asmat Syamsul Agas, dan dihadiri Wakapolres Asmat Kompol Mursalim, Ketua KPU Markus Pasan, Danramil Agats Kapten Inf. Hermanus Kopong serta sejumlah tokoh.

Asisten III Asmat Syamsul Agas dalam sambutannya meminta agar UU Parpol dan UU Pemilu disosialisasikan secara luas kepada seluruh masyarakat, tidak hanya menyasar sekelompok orang.

“Perlu disampaikan secara luas, sehingga masyarakat bisa mengetahui dan berpartisipasi dalam memberikan hak pilihnya. Itulah kehidupan demokrasi,” kata Syamsul.

Apalagi menurut Syamsul, penyelenggara pemilu di Kabupaten Asmat tengah mengupayakan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum 2019.

“Harus ada peran serta dari partai politik, KPU, Bawaslu, pemerintah dan berbagai elemen untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan pemerintah setempat mendukung KPU dan Bawaslu untuk melakukan sosialisasi Pemilu 2019 di 23 distrik dan 224 kampung di Asmat.

“Tapi juga bukan hanya tanggung jawab KPU dan Bawaslu, pemerintah dan semua pihak harus memberikan penyadaran politik kepada masyarakat,” kata dia.

Kasubdit Fasilitasi Kelembagaan Parpol Kementerian Dalam Negeri H Syamsuddin selaku narasumber pada kegiatan itu mengatakan, Pemilu pada 17 April 2019 dilaksanakan serentak.

“Itu pemilihan presiden/wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Nanti ada lima surat suara yang dicoblos,” kata Syamsuddin.

Ia mengharapkan agar pelaksanaan pemilihan umum serentak di Kabupaten Asmat berjalan lancar, aman, damai dan sejuk.

“Asmat tidak termasuk dalam 14 kabupaten/kota di Papua yang melaksanakan Pemilu 2019 dengan sistem noken,” tandasnya. (NT/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *