seputarpapua.com

KKJB Suguhkan Budaya Jawa dalam Penggalangan Donasi Bencana Banjir Sentani

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
KKJB Suguhkan Budaya Jawa dalam Penggalangan Donasi Bencana Banjir Sentani
Masyarakat Jawa di Mimika menggunakan kostum reog melakukan aksi penggalangan dana untuk korban bencana alam banjir bandang. (Foto:Muji/SP)

TIMIKA | Berbagai upaya dilakukan masyarakat Mimika untuk menuangkan rasa kepedulian dan keprihatinan terhadap musibah bencana banjir bandang yang terjadi di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Seperti yang dilakukan masyarakat Jawa yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu (KKJB) Mimika, dalam melakukan aksi penggalangan dana,.meeeka.menampilkan seni budaya Jawa, seperti kuda lumping, reog, wayang orang, dan sebagainya.

Pertunjukan seni budaya lengkap dengan atributnya, mulai dari kostum, aksesoris, sampai dengan alat musiknya ini bertujuan menarik masyarakat untuk menyisihkan rejekinya demi saudara yang terkena musibah.

Masyarakat mengaku terhibur dengan aksi amal yang ditampillkan KKJB.."Kami sangat terhibur dengan pertunjukan Jawa ini. Ini merupakan inovasi, sekaligus untuk melestarikan budaya bangsa," kata Herman salah satu warga Mimika yang ditemui di Jalan Budi Utomo, Kamis (21/3).

Bagian Humas KKJB Mimika, Roni Irnawan mengatakan, sebagai masyarakat Jawa yang ada di Mimika, pihaknya ikut merasa prihatin dengan bencana banjir bandang yang menimpa beberapa wilayah di Sentani.

Sebagai bentuk dukungan moral dan material, pihaknya mencoba untuk memberikan suasana lain dalam melakukan penggalangan dana.

" Di setiap penggalangan dana menunjukkan kebudayaan masing-masing cabang dan paguyuban," kata Roni.

Kata dia, dalam kegiatan penggalangan dana ini, pihaknya melibatkan 30 paguyuban dan cabang KKJB. Dimana untuk kegiatan ini didasarkan pada surat rekomendasi atau ijin dari Dinas Sosial nomor 360/600/37/2019.

"Dari 30 cabang dan paguyuban tersebut, kami bagi ke beberapa hari dan titik. Sehingga semua tercover. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan bisa bermanfaat, serta mengurangi penderitaan masyarakat yang jadi korban," ungkapnya.(mkr/SP)

Berita Terkait
Baca Juga