KPU Mimika Sosialisasi Pengisian Formulir Perolehan Suara 

KPU Mimika Sosialisasi Pengisian Formulir Perolehan Suara 
KPU Mimika saat melakukan sosialisasi dan Bimtek di Mimika Barat. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | KPU Mimika terus melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada penyelenggara ditingkat bawah, mulai KPPS, PPS, dan PPD. Baik yang ada di wilayah kota maupun pedalaman dan pesisir pantai.

Komisioner KPU Mimika Divisi SDM, Fidelis Piligame mengatakan, mulai Sabtu (23/3) kemarin KPU Mimika sudah turun ke distrik-distrik, baik yang ada di pesisi pantai maupun pedalaman, dengan tujuan melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek).

“Seperti saya kemarin sudah turun ke Mimika Barat dan Atuka. Dimana kunjungan ini untuk melakukan sosialisasi dan bimtek,” kata Fidelis saat ditemui di Kantor KPU Mimika,  Kamis (28/3). 

Kata dia, khususnya untuk bimtek ini lebih kepada cara pengisian formulir perolehan suara, mulai tingkat KPPS, PPS, dan PPD. Hal ini dikarenakan sebagian besar kekeliruan terjadi pada pengisian perolehan suara.  Selain itu tidak disertai dengan berita acara sehingga akan berdampak pada perubahan perolehan suara.

“Karena berdasarkan pengalaman sering terjadi perubahan, mulai tingkat KPPS, PPS, dan PPD. Dari yang awalnya dapat 500 suara menjadi 300 suara. Karenanya di bimtek ini lebih kami prioritaskan,” ujarnya.

Apalagi Pilpres dan Pileg baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia. Sehingga momen ini akan mencatat, kalau pelaksanaan pesta demokrasi di Indonesia berjalan lancar, khususnya di Mimika. Maka akan menjadi catatan tersendiri bagi berbagai pihak.

IKLAN-TENGAH-berita

Lanjutnya, dari momen bersejarah inilah, KPU Mimika berkomitmen untuk mewujudkan pelaksanaan Pemilu yang jujur, adil, dan bermartabat. Dan untuk mewujudkan tersebut, maka diperlukan pemahaman dan pengetahuan di penyelenggara pemilu dari tingkat bawah. 

“Bagaimana bisa mewujudkan Pemilu yang jujur, adil dan bermartabat kalau penyelenggara, mulai KPPS, PPS, dan PPD tidak paham. Oleh itu, saat ini kami gencar dalam melakukan sosialisasi. Dan ini akan kami terus lakukan sampai pelaksanaan pemungutan suara,” terangnya. (mkr/SP)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar