Penangkapan Dua Tersangka Putus Aksi Sindikat Pembobol Jok Motor

Jumat, 29 Mar 2019 19:12 WIT
Pelaku pembobol bagasi motor terekam CCTV saat beraksi di parkiran salah satu toko sembako di Jalan Serui Mekar

TIMIKA | Kepolisian di Mimika, Papua mengklaim penangkapan dua tersangka spesialis pembobol bagasi motor memutus aksi kejahatan meresahkan tersebut. 

Kanit Reskrim Polsek Mimika Baru Ipda Andi Suhidin, mengatakan sejak dua tersangka Hm (38) dan Jm (53) ditangkap Februari lalu pihaknya belum menerima lagi laporan kasus pencurian model itu.

"Sejauh ini, memang pencurian dengan modus ini sudah hilang. Sudah tidak ada laporan lagi," kata Ipda Andi Suhidin di Timika, ibu kota Kabupaten Mimika, Jumat (29/3).

Komplotan kedua tersangka ini diduga terlibat dalam aksi pembobolan jok motor milik seorang warga, Herlina (37), ketika tengah berbelanja di toko sembako, Jalan Serui Mekar, pada Sabtu (23/2) lalu. 

Kedua tersangka dengan mudah berhasil ditangkap polisi berkat rekaman kamera pengintai (CCTV) yang terpasang di beberapa sudut toko tempat Herlina berbelanja. 

Sayangnya, pelaku utama dalam sindikat pembobol bagasi motor tersebut masih dalam pengejaran polisi dan telah ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO). 

"Kejahatan ini merupakan sindikat. Kami masih melakukan pengejaran seorang tersangka lainnya," kata Suhidin. 

Satuan Reskrim Polsek Mimika Baru telah menyerahkan berkas perkara tahap satu kedua tersangka ke Kejaksaan Negeri Mimika guna proses hukum lebih lanjut.

Dalam sindikat kasus ini, kedua tersangka masing-masing berperan sebagai pengalih perhatian dan mengawasi situasi di lokasi mereka beraksi. Sementara bagian eksekusi adalah tersangka yang masih DPO. 

"Tersangka disangkakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan," jelas Suhidin. (rum/SP)

Kategori:
Bagikan