Ternak Babi Binaan Polisi Tanpa Inseminasi Buatan

Jumat, 29 Mar 2019 19:29 WIT
Koordinator Pembinaan Ternak Babi Binmas Noken Polri Wilayah Timika, Brigadir Surano Pakpahan saat mengontrol induk babi yang baru beranak. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Program pembinaan ternak babi yang digagas Binmas Noken Polri pada 2018 lalu di kawasan Petro Sea, berhasil mengembangbiakan delapan ekor anak dalam kondisi sehat.

Koordinator Pembinaan Ternak Babi Binmas Noken Polri Wilayah Timika, Brigadir Surano Pakpahan mengatakan, proses kelahiran anak babi tersebut terjadi secara normal atau alami tanpa adanya bantuan inseminasi buatan (IB), yaitu menyuntikkan sperma ke dalam ovarium babi betina.

Karena setiap hari dilakukan pengawasan dan kontrol, baik dalam memberikan makanan, maupun asupan lainnya, seperti vitamin dan obat.

“Walaupun demikian, kami tetap berkoordinasi dan komunikasi dengan dokter hewan dari Dinas Peternakan Mimika. Ini karena, mereka lebih paham terhadap proses perkembangbiakan hewan, khususnya babi,” terangnya.

Ia mengatakan, pasca beranak, setiap malamnya pihaknya melakukan pemisahan antara anak dan induk. 

“Kami sudah buatkan tempat khusus di samping kandang induk, sehingga anak-anak babi ini bisa masuk ke dalam dan tidak takut lagi tertindih induknya,” ujarnya.

Surano menambahkan, untuk lebih mengembangbiakkan babi-babi milik Binmas Noken,  pihaknya sudah menyiapkan dua ekor pejantan, kondisinya sangat sehat, sehingga siap  membuahi betina.

“Kami pastikan kedua pejantan ini tidak dijual. Karena untuk pengembangbiakan selanjutnya,” terangnya.

“Sekarang ini ada satu ekor betina yang sedang bunting, kemungkinan bulan depan beranak lagi,” katanya.

Diungkapkan, saat ini tersisa 70 ekor babi dari 100 ekor babi yang sebelumnya diberikan oleh Binmas Noken Polri.

"Pada saat peresmian, kandang babi ini diisi hampir 100 ekor babi. Berjalannya waktu, babi-babi yang dipelihara dan dikembangkan tersebut dibeli oleh warga untuk keperluan. Sehingga sekarang ini tinggal menyisakan 70 ekor" jelasnya.

Sementara Koordinator Binmas Noken Polri Wilayah Timika, AKP Sudirman mengatakan, mengapresiasi progr Binmas Noken dalam ternak babi. 

“Ini menunjukkan kalau program Binmas Noken Polri berhasil.  Kami siap mendukung dalam pendampingan,” tuturnya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan