KPU Mimika akan Berkoordinasi dengan Telkomsel dan PLN Terkait Perhitungan Suara

Jumat, 29 Mar 2019 21:08 WIT
Divisi Teknis KPU Mimika Dedy N Mamboay

TIMIKA | KPU Mimika akan berkoordinasi dengan Telkomsel menyangkut jaringan internet dan PLN, terkait dengan masalah kelistrikan. Koordinasi  dilakukan guna memperlancar perhitungan atau rekapitulasi suara, untuk dimasukkan ke dalam sistim informasi pencalonan (Silon).

Komisioner KPU Mimika, Divisi Teknis, Dedy N Mamboay mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya mengikuti bimbingan teknis (bimtek) bersama Divisi Teknis KPU RI, terkait sistim penghitungan (situng) secara Silon.

Pada bimtek, KPU RI memberikan arahan bahwa perekapan di KPPS dan bergeser ke PPD harus sesuai dengan saat KPU melakukan pengisian data terhubung pada Silon.

“KPU RI memberikan saran bahwa tidak boleh ada permainan di bawah sampai ke KPU. Ranah perhitungan itu ada ditingkat PPS dan PPD. KPU hanya meneruskan apa yang terjadi ditingkatan bawah,” kata Dedy saat ditemui di Graha Eme Neme Yauware, Jumat (29/3).

Selain itu, dalam bimtek juga dilakukan pemantapan terkait dengan C1 (formulir hasil perhitungan), yang nantinya dimasukkan ke dalam Silon. 

“Kami akan koordinasi dengan Telkomsel, agar pada saat dilakukan rekap perhitungan tidak terjadi gangguan jaringan internet. Termasuk dengan PLN, agar tidak terjadi pemadaman listrik,” tuturnya.

Selain itu, KPU kabupaten dan provinsi diminta untuk bekerja sesuai prosedur dan undang-undang yang berlaku. Serta pelaksanaan tahapan dan jadwal Pemilu untuk tidak bergeser, walaupun hanya satu hari, karena merupakan agenda negara.

“Kalau ada hal-hal menyebabkan kemoloran, disarankan berkoordinasi bersama Bawaslu dan pihak keamanan. Sehingga menjadi dasar sewaktu-waktu ada gugatan,” terangnya.

Menyangkut daerah di pesisir dan pedalaman terkait memasukkan data ke Silon, Dedy mengatakan, ditingkatan PPD, mereka hanya melakukan rekapan dan memindahkannya atau menyalin ke DA 1. Selanjutnya  direkap ke program exel. 

Dikatakan  pihaknya akan memberikan soft copy kepada 18 distrik yang ada DA1 (catatan hasil rekapitulasi perolehan suara dari setiap desa/kelurahan ditingkat kecematan atau distrik ukuran plano). Sehingga nantinya akan ambil, untuk disinkronkan ke sistim Silon dan lainnya.
 
“Tanggal 2 April 2019 nanti, akan dilakukan pengecekan terakhir di masing-masing provinsi. Yang tujuannya, untuk melihat persiapan sistim silon dan hitung serta untuk memastikan sudah tidak ada masalah dan siap menghadapi pemilu,” katanya.

“Dan kamipun di KPU Mimika, akan terus berupaya mengejar dan melakukan yang terbaik, dengan melihat kekurangan yang ada,” katanya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan