BPOM Ajak Sekolah di Timika Jaga Jajanan Anak

Senin, 01 Apr 2019 16:31 WIT
Foto bersama perwakilan sekolah dan pemateri. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Balai Besar POM Jayapura bersama Badan POM Mimika mengajak sekolah-sekolah di Timika untuk menjaga keamanan pangan jajanan anak sekolah (PJAS).

Ajakan ini disampaikan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar di salah satu hotel di Jalan Yos Sudarso, Kota Timika, Senin (1/4). 

Kegiatan diikuti oleh perwakilan guru dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Timika dengan dua pemateri, yakni Kepala Kantor BPOM Kabupaten Mimika, Herianto Baan, SSi  Apt dan perwakilan BB POM Jayapura Mereza Loona Andaryan, SKM.

Herianto mengatakan, sebaiknya sekolah-sekolah membuat dan mengelola kantin sendiri agar terjamin kesehatan dan kebersihan pada jajanan yang dijual.

"Pangan yang aman adalah pangan yang bebas dari bahaya biologis (mikroba), kimia dan fisika (benda asing)," katanya. 

Kata dia, penjual makanan harus betul-betul sehat sehingga jajanan tersebut tidak terkontaminasi   bakteri dari flu dan batuk. 

"Tujuan diadakan Bimtek ini untuk membekali guru-guru agar lebih waspada dalam menangani jajanan anak di sekolah, " tutur Herianto

Sebaiknya makanan yang dijual ditutup jangan di biarkan terbuka karena bakteri bisa tercemar oleh lalat rambut dan terutama dari debu. 

"Lima kunci keamanan pangan untuk anak sekolah diantaranya, kenali pangan yang aman, beli pangan yang aman, baca label dengan seksama, jaga kebersihan dan catat apa yang diterima da tentu aman dari bahaya kimia," jelas Herianto. 

Dalam Bimtek tersebut peserta yang hadir mengisi free test yang bertujuan untuk menguji pengetahuan dalam menangani jajanan anak di sekolah. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan