Gubernur Minta Bupati Mimika Aktifkan Kembali Ausilius You Sebagai Sekda

Senin, 01 Apr 2019 20:31 WIT

TIMIKA | Gubernur Papua Lukas Enembe melalui surat Nomor 821.2 /3603 /SET tertanggal 28 Maret 2019, meminta Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengembalikan Ausilius You ke jabatan semula sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika.

Adapun petikan asli Surat Gubernur Papua Lukas Enembe Nomor 821.2/3603/SET tentang Pengembalian Ausilius You ke jabatan semula sebagai Sekda Kabupaten Mimika yang ditujukan kepada Bupati Mimika berbunyi: 

Memperhatikan Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara nomor 477/KASN/2/2019 tanggal 8 Februari 2019, perihal penjelasan atas surat Sdr Ausilius You,S.Pd.,MM yang ditujukan kepada Gubernur Papua dan tembusannya disampaikan kepada saudara, dalam rangka pembinaan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah kabupaten/kota oleh Gubernur papua selaku wakil Pemerintah Pusat di daerah, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1.    Dalam rangka menjamin tertib administrasi kepegawaian agar saudara segera meninjau dan mengkaji ulang terhadap Keputusan Bupati Mimika nomor SK.821.2-05 tentang Pemberhentian Sdr Ausilius You,S.Pd.,MM dari jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika.

2.    Agar Melaksanakan Rekomendasi Ketua KASN No.477/KASN/2/2019, tanggal 8 Februari 2019 untuk mengembalikan Sdr Ausilius You,S.Pd.,MM ke jabatan semula sebagai Sekretaris Daerah Mimika dan memberikan hak-hak Kepegawaian sesuai ketentuan yang berlaku.

3.    Membuat kontrak/perjanjian kinerja antara Sekretaris Daerah Mimika dan Bupati Mimika sebagai kesepakatan pencapaian kinerja yang akan dicapai sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

4.    Pengisian JPT yang lowong melalui mutasi dari satu JPT ke JPT yang lain dapat dilakukan melalui uji kompetensi dari pejabat yang ada dan berkoordinasi dengan KASN, sesuai ketentuan pasal 121 Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. 

Surat Gubernur Papua menindak lanjuti surat Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor B- 477 /KASN/2/2019 tertanggal 8 Februari 2019 perihal Rekomendasi atas Pengaduan Sdr. Ausilius You, bahwa: 

Memperhatikan 2 (dua) surat kami Nomor: B-2768/KASN/12/2018 tanggal 6 Desember 2018 perihal Surat Klarifikasi atas Pengaduan Sdr. Ausilius You, S.Pd, MM dan surat kami Nomor: B-200/KASN/1/2019 tanggal 17 Januari 2019 perihal Jawaban atas Klarifikasi, dengan ini kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut: 

1. Berdasarkan catatan kami, sampai dengan saat ini (tanggal 7 Februari 2019) Saudara Bupati Mimika belum memberikan penjelasan tertulis atas pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh Sdr. Ausillus You, S.Pd.‚MM, sebagaimana substansi surat kami yang kedua.

2. Kami berkesimpulan bahwa demosi atau penurunan jabatan Sdr. Ausilius You, S.Pd..MM dari jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika menjadi Staf Ahli yang merupakan hukuman disiplin berat yang tidak didasarkan adanya bukti-bukti pelanggaran disiplin sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Pasal 13 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. 

3. Mempertimbangkan hal tersebut di atas, maka kami rekomendasikan kepada Saudara Bupati Mimika agar mengembalikan Sdr. Ausilius You, S.Pd.,MM ke jabatan semula sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika karena penurunan jabatan tersebut tidak memenuhi ketentuan Pasal 13 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. 

Tindak lanjut atas rekomendasi ini agar dilaksanakan dalam waktu 14 (empat belas) hari sejak surat ini Saudara terima dan dilaporkan secara tertulis kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Mimika, Elminus B Mom, meminta Bupati Eltinus Omaleng menindaklanjuti surat Gubernur Papua tersebut dan segera mengaktifkan kembali Ausilius You sebagai Sekda Mimika setelah diberhentikan sejak 8 Oktober 2018. 

"Saya sudah menerima (tembusan) surat tersebut. Karenanya meminta kepada Bupati Mimika untuk menindaklanjutinya,” kata Elminus Mom di ruang kerjanya, Senin (1/4).

Menurut Elminus, sesuai aturan seorang Sekda bisa diganti apabila berhalangan atau dalam keadaan sakit. Itu pun perlu ditunjuk pejabat pelaksana tugas (Plt) untuk sementara waktu. 

"Namun kalau masih aktif, maka tidak bisa dipaksakan untuk diberhentikan, dan kalau itu dilakukan maka melanggar aturan. Seorang Sekda ini mendapat SK langsung dari Mendagri melalui Gubernur. Dan dengan adanya surat dari Gubernur Papua tersebut, maka harus segera ditindaljuti,” katanya.

Lanjut Elminus, kalaupun ada pemilihan Sekda yang baru, maka dengan adanya aturan yang baru pula harus dilakukan lelang jabatan. Dimana dalam seleksi minimal diikuti antara 5-8 orang calon. 

"Dari orang-orang tersebut, yang bisa memenuhi syarat, maka berhak menjabat sekda. Dan ini merupakan perintah Undang undang bukan DPRD. Sekarang OPD ini aturannya baru, sehingga untuk Sekda menggunakan sistem lelang,” ujarnya.

Dengan diaktifkannya kembali Asulius You sebagai Sekda, dirinya berharap kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Mimika untuk tidak kecewa atau meresahkan hal tersebut. 

“Ini perintah dari Undang undang, sehingga mari kita taati bersama,” imbuh Elminus Mom. (mkr/rum/SP)

Kategori:
Bagikan