KONI Mimika Gelar Musorkab III dan Siap Selenggarakan Sembilan Cabor PON

Kamis, 04 Apr 2019 21:40 WIT
Musorkab III KONI Mimika nyatakan siap sukseskan PON XX pada 2020 mendatang.

TIMIKA | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mimika menggelar Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) III, Kamis (4/4), yang sekaligus sebagai momentum memastikan kesiapan dalam menghadapi PON XX pada 2020 mendatang. 

Melalui Musorkab III yang dihadiri seluruh cabang olahraga di Mimika tersebut, Bupati Mimika Eltinus Omaleng secara aklamasi kembali terpilih sebagai Ketua Umum KONI Mimika periode kepengurusan 2018-2022. 

Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Papua, George Weyasu, mengakui bahwa kinerja KONI Mimima dalam dua tahun terakhir jauh lebih baik. Hal itu terlihat pada kontribusi KONI Mimika pada ajang seleksi atlet yang akan mewakili kontingen Papua di PON 2020.

"Kita bisa lihat persiapan mereka selaku Sub PB PON Cluster Mimika. Ini menjadi salah satu daerah yang paling siap untuk menghadapi PON," kata George.

Sebagai salah satu klaster untuk penyelenggaraan PON XX tahun 2020 yang mendaulat Provinsi Papua sebagai tuan rumah, Kabupaten Mimika menyatakan siap untuk menyelenggarakan sekitar sembilan cabang olahraga.

Ketua Harian KONI Mimika Cesar Avianto mengatakan, PB PON Papua telah menetapkan delapan cabang olahraga untuk dipertandingkan di Timika yaitu atletik (44 nomor pertandingan putra-putri), futsal, basket, golf, biliard, judo, tenis meja serta penyisihan sepakbola putra.

"Delapan cabang olahraga ini sudah pasti akan diselenggarakan di Timika. Bisa jadi ada penambahan satu cabang lagi di Timika yaitu panjat tebing. Saat ini Bupati Mimika sedang mempersiapkan surat ke Gubernur Papua dan PB PON Papua untuk permintaan pelaksanaan pertandingan panjat tebing PON 2020 dilakukan di Timika. Setelah kami lakukan evaluasi, maksimal Timika hanya bisa menyelenggarakan sembilan cabang olahraga, kalau lebih dari itu cukup berat," kata Cesar.

Cesar mengatakan, Sub PB PON Papua di Timika nantinya akan membentuk Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan sembilan cabang tersebut. Mengingat di Mimika terdapat 33 pengurus daerah cabang olahraga, maka cabang-cabang lainnya yang tidak dipertandingkan di Timika akan memperkuat panpel delapan cabang yang dipertandingkan di Timika.

Dalam penyelenggaraan Musorkab III KONI Mimika, telah dibicarakan soal pembagian tugas cabang-cabang olahraga tersebut untuk mendukung penyelenggaraan PON XX tahun 2020 di Timika.

"Jauh-jauh hari kami harus mempersiapkan semuanya. Setelah itu nanti kami akan rapat dengan Sub PB PON Papua di Timika untuk berkoordinasi dengan PB PON Papua di Jayapura dalam rangka mempersiapkan secara matang penyelenggaraan delapan hingga sembilan cabang olahraga saat PON XX tahun 2020 di Timika," jelas Cesar.

Persiapan Venue

Beberapa arena PON 2020 yang sudah siap di Timika seperti arena basket yang akan menggunakan Stadion Indoor Mimika Sport Complex, arena atletik menggunakan fasilitas Stadion Atletik Terbuka Mimika Sport Complex. Kedua fasilitas tersebut berada di Timika Jaya (SP2), depan Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika.

"Untuk venue basket dan atletik sudah siap, tinggal beberapa kelengkapan yang harus ditambah," jelas Cesar.

Pemkab Mimika juga telah membangun stadion khusus futsal di jalan poros Timika-SP5. Pembangunan stadion tersebut sudah rampung, tinggal beberapa kelengkapan yang harus dituntaskan tahun ini.

Rencananya, Pemkab Mimika tahun ini akan membangun arena biliar, panjat tebing dan stadion sepak bola untuk penyisihan sepak bola putra PON XX tahun 2020. Stadion sepak bola tersebut rencananya dibangun di kawasan Kampung Limau Asri SP5.

Sementara cabang olahraga golf akan menggunakan fasilitas Lapangan Golf Rimba Papua milik PT Freeport Indonesia di kawasan Kuala Kencana. (rum/Antara/SP)

Kategori:
Bagikan