Kapolda Papua Bangga Sambut Petinju Geisler AP Bak Pahlawan

Jumat, 05 Apr 2019 12:54 WIT

TIMIKA | Kapolda Papua Irjen Pol. Martuani Sormin merasa bangga, petinju Geisler AP berhasil merebut sabuk juara kelas welter ringan (63,5 kg) badan tinju dunia World Boxing Council (WBC) Asia Pasific. 

Gelar juara diraih pria kelahiran Jayapura 20 Desember 1983 itu, usai merobohkan (KO) petinju asal Thailand Thoedsak Sinam di ronde kedua, pada pertarungan yang berlangsung di Balai Sarbini Jakarta 30 Maret lalu.

Atas kemenangan tersebut, Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin didampingi Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, melepas pawai perayaan bersama warga bekeliling melakukan konvoi kendaraan di Kota Jayapura, Kamis (4/4). 

Petinju profesional berjuluk The King of Papua itu didampingi sang istri dan manajer Yamander Yensenem. Warga menyambut antusias ketika Geisler mengangkat sabuk juara WBC. Mereka juga melantunkan lagu dengan musik tradisional Biak Numfor. 

Irjen Martuani mengatakan, kemenangan Geisler AP menjadi kebanggaan dan kehormatan untuk Tanah Papua, dan juga telah mengharumkan nama indonesia di kanca tinju profesional Asia bahkan dunia kelak. 

"Untuk menjadi pemain profesional diperlukan keseriusan dan totalitas dalam berlatih dan bertarung. Hari ini ada launching Cartenz Boxing Club untuk pemberian ilmu bagi yang ingin belajar tinju di wilayah Papua," katanya. 

"Janganlah bermimpi mendapatkan juara dengan tidak melakukan apa-apa. Jagalah kebugaran fisik, kepada seluruh anggota kesehatan fisik akan mempengaruhi secara signifikan pada pelaksanaan tugas," pesan Martuani. 

Kapolda Papua memberikan hadiah satu unit sepeda motor kepada Geisler atas prestasi membanggakan yang ditorehkan. Martuani memang telah memberikan dukungan penuh sebelum Geisler bertarung di Jakarta. 

"Harapan saya ke depan semoga Geisler AP mendapat juara pada tingkat dunia. Ini sangat membanggakan kita semua," tutur Kapolda, sebagaimana siaran pers Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal. 

Kemenangan Geisler semakin memuluskan cita-citanya menjadi juara tinju Asia, untuk mendapat kesempatan bertarung di ring tinju paling bergengsi dunia di Las Vegas, Amerika Serikat. (rum/SP

Profil

Nama Lengkap: Geisler AP
Tempat, tanggal, lahir: Jayapura, 20 Desember 1983
Tinggi: 171 cm
Jangkauan pukulan: 170 cm
Kelas: super light weight
Debut: 27 April 2009

Rekam Jejak

1. Juara Nasional Asosiasi Tinju Indonesia (ATI) pada 12 Juni 2010 mengalahkan Sahlan Coral dengan kemenangan angka.

2. Juara Nasional Komisi Tinju Profesional Indonesia (KTPI) pada 17 November 2011 usai mengalahkan Hery Andriyanto dengan TKO ronde 5 dari 12 ronde.

3. Juara Nasional KTPI pada 21 Februari 2014 dengan mengalahkan Sonny Manakane menang KO ronde 2 dari 12 ronde.

4. Juara Nasional KTPI pada 19 November 2014 dengan mengalahkan Hery Andriyanto dengan menang angka dari 12 ronde.

5. Juara Nasional KTPI pada 29 Agustus 2015 dengan mengalahkan Roy Tua Manihuruk dengan menang KO pada ronde 9 dari 12 ronde.

6. Perbaikan peringkat Asia pada 18 Februari 2016 mengalahkan Sayan Sirimongkon menang KO pada ronde 4 dari 10 ronde.

7.Juara Nasional KTPI pada 21 Mei 2017 mengalahkan Vincent Olin menang TKO ronde kedua dari 12 ronde.

8.Juara Nasional KTPI pada 17 Maret 2018 mengalahkan Jack Dolu menang TKO ronde 4 dari 12 ronde.

Kategori:
Bagikan