SMP 3 Agats Bersama WWF ID Asmat Rayakan Earth Hour

Jumat, 05 Apr 2019 14:10 WIT
Perayaan Earth Hour di SMP 3 Agats

ASMAT | Sekolah Menengah Pertama (SMP) persiapan Negeri 3 Agats bersama WWF ID Site Kabupaten Asmat merayakan Earth Hour  (Jam Bumi), pada Sabtu 30 Maret lalu. 

Kegiatan yang berlangsung di SMP 3 Agats, diikuti pelajar, guru dan Staf  WWF ID Site Asmat. Hal itu dikatakan Guru SMP 3 Agats, Dion, pada Kamis (4/4).

Menurutnya, Earth Hour adalah sebuah gerakan simbolis untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai isu perubahan iklim dan isu lingkungan lainnya. 

Tahun ini SMP persiapan Negeri 3 Agats menjadi salah satu sekolah yang pertama kalinya merayakan Earth Hour di Asmat. Pada kegiatan itu, kata Dion, pihak sekolah bersama WWF menanam pohon dilingkungan sekolah. 

“Sedangkan pada malam harinya kami menggelar nonton  bareng milkyway sambil refleksi soal lingkungan dalam bentuk cerita, puisi, lagu sekaligus kami  menobkan putra putri lingkungan SMP persiapan Negeri 3 Agats,” ujarnya.

Dion menambahkan, perayaan Earth Hour sebagai salah satu selebrasi menghidupakan pola pikir anak-anak tentang menjaga alamnya serta memahami iklim alam di Asmat beserta budaya leluhur.

Untuk itu, melalaui perayaan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi anak-anak sekolah sejak dini untuk menyayangi bumi dengan melestarikan lingkungan.

“Saya berharap kedepannya kegiatan ini akan selalu dilaksanakan baik untuk SMP 3 Agats sendiri, maupun sekolah lainya di Kabupaten Asmat,” harapnya.

Sementara itu, Staf WWF ID Asmat, Nixon memberikan apresiasi atas semangat guru-guru serta siswa dan siswi di SMP 3 Agats yang telah melaksanakan kegiatan Eart Hour.

“Kegiatan ini lebih fokus kepada perlindungan alam, karena alam di Asmat sendiri mempunyai Sumber Daya Alam (SDM) yang berlimpah dan juga mempunyai iklim yang baik untuk kehidupan masyarakat di Tanah Asmat,” ujarnya.

Nixon pun mengajak semua pihak agar mencintai lingkungan beserta alam sekitar di Tanah Asmat. 

"Bukan hanya kepada anak-anak sekolah saja, tetapi juga masyarakat laus agar sadar dan merawat SDA yang mereka miliki," pungkasnya. 

Untuk diketahui, Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya. 

Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim.

Kegiatan yang dicetuskan WWF dan Leo Burnett ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Saat itu, 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak diperlukan. (HA/SP)

Kategori:
Bagikan