Layanan 4G Telkomsel akan Hadir di 14 Kabupaten di Papua dan Papua Barat

Minggu, 07 Apr 2019 23:43 WIT
Vice Presiden ICT Network Management Area Pamasuka, Samuel Pasaribu

TIMIKA | Kabar gembira untuk 14 kabupaten di Papua dan Papua Barat, dimana pada akhir 2019 ini akan menikmati jaringan telekomunikasi 4G dari Telkomsel Area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka).

Vice Presiden ICT Network Management Area Pamasuka, Samuel Pasaribu mengatakan, pada 2019 ini pihaknya akan menambah BTS pada 14 kabupaten di Papua dan Papua Barat.

14 kabupaten ini khusus wilayah Papua, yakni Kabupaten Deiyai, Dogiyai, Lani Jaya, Membramo Tengah, Paniai, Puncak Jaya, Puncak, Tolikara, Mappi, Yalimo, dan Intan Jaya. Sementara Papua Barat meliputi Kabupaten Tambrauw, Maibrat, dan Puncak Arfak.

“14 kabupaten tersebut belum bisa terlayani jaringan 4G untuk telekomunikasi masih 2G,” katanya.

Menurutnya, untuk mewujudukan hal itu, maka pihaknya masih menunggu selesainya pembangunan Palapa Ring yang saat ini sedang proses pengerjaan.

“Sebenarnya, target pembangunan Palapa Ring Maret kemarin. Tapi dari hasil komunikasi terakhir, Oktober Palapa Ring sudah selesai dan akan beroperasi,” katanya.

Ia menjelaskan, kalau Palapa Ring ini sudah selesai dan bisa beroperasi, maka pihaknya akan menginstal 4G. Dengan demikian, maka Telkomsel akan melakukan penambahan BTS-BTS dibeberapa daerah.

Alasan menginstal 4G menunggu Palapa Ring dikarenakan soal biaya yang tinggi, sebab untuk penambahan jaringan BTS ini ada pada transmisi. Karenanya, kalau sudah ada Palapa Ring yang menggunakan IP Microwave atau fiber optic, maka biaya bisa ditekan.

“Dengan ‘cost’ yang lebih kecil memungkinkan kami untuk melakukan ekspansi membangun dan menambah BTS. Tapi diluar itu, kami tetap melakukan penambahan jaringan di area Mimika, Asmat, dan Merauke,” terangnya.

Ia menambahkan, mudah-mudahan dengan selesainya Palapa Ring ini, masyarakat di 14 kabupaten Papua dan Papua Barat pada akhir 2019 atau maksimal tahun 2020 nanti sudah bisa menikmati layanan 4G pada sistim telekomunikasi.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan