Freeport Berikan Kesempatan Karyawannya untuk Memilih di Pemilu 2019

Senin, 08 Apr 2019 18:32 WIT
Jonny Lingga

TIMIKA |  PT Freeport Indonesia (PTFI) memberikan kesempatan kepada karyawannya, untuk memberikan hak suara atau memilih pada Pemilu 2019 nanti.

Vice President Government Relation (VP Govrel) PTFI, Jonny Lingga mengatakan, PT FI terus berkomitmen terhadap pelaksanaan Pemilu 2019 bisa berjalan sesuai ketentuan. Dimana perusahaan sudah menyampaikan kepada karyawan dan keluarganya agak menggunakan hak pilihnya pada 17 April mendatang.

“Jadi untuk 17 April 2019 nanti, Freeport memberikan kebebasan kepada karyawan dan keluarganya untuk memilih. Di sini PTFI posisinya tidak mencampuri urusan Pemilu terlalu jauh. Tapi, hanya fasilitasi yang diperlukan, seperti transportasi dan lainnya,”kata Jonny Lingga melalui sambungan teleponya, Senin (8/4).

Seperti pelaksanaan Pemilu sebelumnya, perusahaan menyediakan lokasi untuk PPD mendirikan TPS-TPS  di ‘highland’ dan ‘lowland’. Dimana total TPS yang ditentukan oleh PPD dan PPS berjumlah 26 unit untuk di highland serta enam unit di Kuala Kencana dan dua unit TPS di Porsite.

“Dengan TPS-TPS tersebut, maka karyawan yang sudah memiliki hak memilih dan mempunyai persyaratan memilih dipersilahkan memilih di TPS terdekat dengan lokasi kerja, baik di Tembagapura, Kuala kencana maupun Porsite,” himbaunya.

“Bagi karyawan yang memilih, kami persiapkan angkutan,” ujarnya.

Jonny menjelaskan, untuk masalah operasional tambang pada saat pelaksanaan Pemilu akan tetap berjalan seperti biasa. Terutama bagian-bagian yang tidak memungkinkan untuk dilakukan penutupan. 

Namun bagian-bagian yang memiliki pekerjaan tidak kritis, akan dilakukan penutupan sementara, seperti administrasi dan lainnya. 

“Tidak semua sekaligus pergi, ada pengawas dan pegawai yang bekerja. Dalam arti, dilakukan secara bergiliran,”tuturnya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan