Sekda Papua Ingatkan ASN Tak Terlibat Politik Praktis

Selasa, 09 Apr 2019 10:27 WIT
Hery Dosinaen (Foto: Antara)

JAYAPURA | Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen terus mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemerintah setempat untuk tidak terlibat politik praktis, khususnya menjelang pelaksanaan Pemilu Presiden dan Pemilu legislatif 2019.

 

"ASN harus menjaga netralitasnya dalam Pemilihan Presiden dan Pemilu Legislatif 2019, meskipun demikian pegawai negeri memiliki hak untuk menyalurkan hak suaranya," katanya, di Jayapura, Senin (8/4). 

 

Menurut Hery, ASN pun sebenarnya harus mengikuti aturan pemilu seperti bagi TNI/Polri yang tidak mempunyai hak pilih, dan dipandang penting agar tak ada konsekuensi logis bagi pegawai pemerintah ini.

 

"Saya pikir aturan ini perlu dikaji kembali, jadi ASN fokus untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan tidak terpengaruh atau ditekan saat pilkada berlangsung," ujarnya pula.

 

Dia menjelaskan, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan sekda kabupate/kota se-Papua untuk membahas semua regulasi berkaitan dengan pemilu yang melibatkan ASN.

 

"Rencananya saya akan rapatkan semua sekda pada Jumat (12/4), kami akan kaji dan evaluasi regulasi ASN dalam pemilu serta berbagai masalah yang dihadapi," katanya lagi.

 

Dia menambahkan ada aturan atas semua hal tersebut, sehingga sudah jelas disampaikan ASN tidak boleh terlibat politik praktis dan harus netral.

 

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe juga sudah mengingatkan ASN di lingkup setempat agar tetap menggunakan hak pilihnya dalam bilik suara, namun tetap memperhatikan undang-undang tentang netralitas ASN itu. (Antara/SP)

Kategori:
Bagikan