RSUD Lanny Jaya Mulai Produksi Oksigen

Selasa, 09 Apr 2019 10:49 WIT

WAMENA | Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua, mulai memproduksi oksigen untuk menunjang peningkatan pelayanan medis kepada masyarakat.

 

Direktur RSUD Tiom dr Nataniel Imanuel Hadi saat dihubungi dari Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Senin (8/4), mengatakan bahwa mesin produksi oksigen sudah didatangkan bersamaan dengan mesin isenerator yang akan dimanfaatkan untuk membakar limbah medis.

 

Selama ini RSUD Tiom  tergantung pada oksigen yang diproduksi dari Kabupaten Jayawijaya karena belum memiliki alat itu.

 

"Kami tidak bergantung lagi kepada RSUD Wamena yang sudah banyak membantu kami. Kami sampaikan terima kasih atas dukungan selama ini. Sekarang kami sudah memiliki alat generator untuk memproduksi oksigen sendiri," katanya.

 

Dengan alat itu, pelayanan kepada pasien yang membutuhkan oksigen di Lanny Jaya semakin mudah.

 

"Selama membeli di Wamena tentu membutuhkan biaya yang besar,karena membayar transportnya, tetapi setelah memiliki alat, kami tidak lagi mengeluarkan biaya besar untuk mendatangkan oksigen dari Wamena," katanya.

 

Ia memastikan pemerintah setempat terus meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan di RSUD Wamena, baik pelatihan bagi tenaga medis untuk menggunakan peralatan-peralatan moderen, maupun  menambah ruang baru, misalnya ruang operasi yang akan dimanfaatkan pada 22 April mendatang.

 

"Sudah ada juga dokter bedah dan dokter kandungan. Operasi perdana akan dilakukan dalam waktu dekat. Kami juga akan mengoperasikan mesin isenerator untuk membakar sampah medis seperti jarum suntik dengan suhu pembakaran lebih dari 1.000 derajad celsius," katanya. (Antara/SP)

Kategori:
Bagikan