KPU Mimika: Mengisi Form A5 Bukan Berarti Sudah Jadi Pemilih

Rabu, 10 Apr 2019 09:11 WIT
Luther Beanal. (Foto: Dok/SP)

TIMIKA | Komisioner KPU Mimika Divisi Program dan Data, Luther Beanal mengatakan bahwa masyarakat yang sudah datang ke Kantor KPU dan mengisi form A5 (pindah memilih) bukan berarti sudah menjadi pemilih.

"Kenapa yang sudah mengisi form A5 belum tentu jadi pemilih? Ini karena, harus menunggu konfirmasi dari daerah asal," kata Luther di Kantor KPU, Selasa (9/4) malam.

Kata dia, adanya daftar pemilih tambahan tahap 3 (DPTb-3) ini sesuai dengan hasil keputusan MK yang ditindaklanjuti oleh KPU RI. Dimana memberikan kesempatan memilih bagi yang menjalankan tugas, karena sakit, ditahan karena tindak pidana, maupun yang tertimpa bencana.

"Dengan demikian, DPTb-3 ini berbeda dengan DPTb-1 dan DPTb-2. Dimana, kalau DPTb-1 dan DPTb-2, mereka sudah memastikan kalau pada hari H nanti, tidak berada ditempat. Sementara DPTb-3 ini yang sudah lama berada di Mimika, tapi masih KTP luar," terangnya.

Menyangkut DPTb-3 ini, sudah banyak data masyarakat yang masuk ke KPU Mimika dan telah mengisi form A5. Namun pihaknya belum bisa memasukkan kedalam sistim data pemilih (sidalih).

Karenanya, operator KPU Mimika sampai sekarang masih bekerja untuk terus melakukan konfirmasi ke daerah asal pemilih, agar bisa dimasukkan dalam sistim.

"Kalau sudah dikonfirmasi, maka orang itu sudah dipastikan sebagai pemilih. Tapi kalau belum ada, maka belum tentu jadi pemilih yang pindah memilih," terang Luther.

"Dan kalau sudah dikonfirmasi, maka kami akan mengeluarkan form A5 secara resmi untuk memilih," ujarnya.

Sementara menyangkut berapa jumlah pindah pemilih dalam DPTb-3 hingga Selasa (9/4), Luther mengatakan, sampai saat ini masih dalam tahap rekapan. Dan untuk pindah memilih sendiri masih dibuka hari ini Rabu (10/4) hingga pukul 16.00 WIT.

"Hasil rekapan akan kami keluarkan, dan diinformasikan kepada yang bersangkutan, kalau sudah jadi pemilih maupun tidak. Sehingga, yang sudah daftar dan mengisi form A5 ini masih menunggu hasil konfirmasinya," tuturnya.

"Begitu juga dengan data karyawan Freeport, yang sudah kami terima 3000 lebih telah mengisi form A5. Namun itu belum tentu jadi pemilih, karena belum ada konfirmasi dari kota asal," katanya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan