Seekor Paus Kembali Terdampar di Pantai Timika, Ukurannya Lebih Kecil

Kamis, 11 Apr 2019 20:06 WIT
Paus kedua yang terdampar di Timika Pantai, Mimika Papua. (Foto: Sat Polairud Polres Mimika/ SP)

TIMIKA | Seekor Paus jenis Bryde kembali ditemukan mati terdampar di Kampung Timika Pantai, Mimika, Kamis (11/4) sekitar pukul 05.00 WIT oleh lima nelayan.

Paus berukuran raksasa itu ditemukan nelayan tak jauh dari lokasi paus yang terdampar pada 2 April lalu.

Kasat Polairud Polres Mimika Iptu J Limbong saat dikonfirmasi membenarkan adanya temuan seekor paus di pesisir Timika Pantai, Distrik Mimika Tengah, Mimika Papua. 

Iptu J Limbong mengatakan, pihaknya bersama Tim Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) sudah melihat langsung bangkai paus tersebut.

Panjang paus kedua yang ditemukan berukuran 8.40 meter dan lebar badan 1.75 meter atau lebih kecil dari ikan paus yang terdampar sebelumnya (panjang 10,4 meter dan diameter 5 meter).

Saat dilakukan olah TKP, kata Iptu Limbong tidak ditemukan luka pada badan paus. Hanya sisiknya terkelupas. Diduga terkena gesekan pasir saat terdampar di bibir pantai.

"Diduga paus itu baru terdampar 2x24 jam karena pada sore sekitar pukul 19.00 WIT sehari sebekumnya  masih ada nelayan di lokasi tersebut dan belum ada bangkai pausnya," jelas Iptu Limbong.

Berbeda dengan bangkai paus sebelumnya yang ditenggelamkan ke laut lepas, paus kedua yang ditemukan kata Iptu Limbong akan dikuburkan di Timika Pantai.

"Kita sudah koordinasi dengan semunya termasuk tokoh masyarakat, bangkai pausnya akan kita kuburkan. Karena kalau mau ditarik lagi ke lautan jaraknya cukup jauh," jelas perwira pertama yang pernah menjabat Kapolsek Mimika Timur ini.(azk/SP)

Kategori:
Bagikan