Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Shabu dan Buru Seorang DPO

Kamis, 11 Apr 2019 23:44 WIT
Pemusnahan barang bukti shabu oleh Polres Mimika dan Kejaksaan Negeri Timika. (Foto: Sevianto Pakiding/SP)

TIMIKA | Satuan Narkoba Polres Mimika kembali memusnahkan barang bukti narkotika golongan satu jenis shabu seberat 9,2 gram, pada Kamis (11/4).

Barang bukti narkotika tersebut disita dari seorang tersangka berinisial CD alias Acong (36), yang ditangkap di counter/service HP miliknya di Jalan Bhayangkara, Kota Timika, 14 Maret 2019 lalu.

CD yang diketahui merupakan warga keturunan Tionghoa, memperoleh barang terlarang tersebut dari seseorang bernama Siau Kion di Pontianak, Kalimantan Barat, yang kini telah ditetapkan sebagai DPO.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan, tersangka CD alias Asong dijerat dengan pasal berlapis terkait menyimpan sebagai pengguna dan juga mengedarkan barang haram tersebut.

"Yang bersangkutan dijerat pasal 112 ayat (1 dan 2) pasal 114 ayat (1 dan 2) pasal 127 ayat (1) huruf (a) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika," kata Marlianto dalam press release, Kamis.

Buru DPO

Dalam kasus berbeda, Satuan Narkoba Polres Mimika telah menerbitkan daftar pencarian orang (DPO) terhadap pelaku bernama panggilan Kaka (identitas asli masih diselidiki) yang kini masih dalam pengejaran.

DPO Kaka berciri-ciri tubuh kurus, kulit putih, dagu tipis, bibir biasa, rambut keriting warna hitam sepanjang bahu, bentuk kepala lonjong, dahi lonjong, tinggi badan sekitar 167 cm, dan berat badan diperkirakan 60 kg. 

Pelaku ini diduga menjual narkotika jenis shabu kepada tersangka THS yang merupakan oknum anggota Polda Papua berpangkat Brigadir, yang ditangkap di Jalan Busiri ujung, Kota Timika, 13 Maret lalu. 

Kapolres Marlianto mengatakan, dalam penggerebekan di kediaman Brigadir THS, petugas menemukan narkotika golongan satu jenis shabu seberat 1 gram dan beberapa alat penghisap shabu.

"Barang bukti yang disita telah melalui uji laboratorium forensik dan terbukti positif merupakan metamphitamine atau narkotika golongan satu jenis shabu," jelasnya. 

Adapun press Release kasus tersebut oleh Kasat Reserse Narkoba Polres Mimika Iptu Laurentius Kordiali, dihadiri pihak Kejaksaan Negeri Mimika, dan Penasehat Hukum Ruben Hohakay. (rum/SP)

Kategori:
Bagikan