KPU Mimika Simulasikan Pemungutan Suara Pemilu 2019

Jumat, 12 Apr 2019 20:30 WIT
Suasana simulasi pemungutan suara yang digelar oleh KPU Mimika. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait proses pelaksanaan pemungutan suara, dan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), KPU Mimika menggelar simulasi pemungutan suara Pemilu 2019.

Simulasi ini dipusatkan di halaman Kantor Kelurahan Pasar Sentral, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua. Atau tepatnya di depan Pasar Sentral Mimika, Jalan Hasanuddin, pada Jumat (12/4).

Simulasi ini diperagakan oleh relawan demokrasi (relasi) bentukan dari KPU Mimika. Dan dihadiri Forkopimda, serta pemerintah kelurahan, PPD, PPS, serta KPPS.

Komisioner KPU Mimika Divisi Teknis, Deddy Nataniel Mamboay mengatakan, simulasi pemungutan suara Pemilu 2019 ini sesuai dengan petunjuk dari KPU RI. Tujuannnya, untuk mempresentasikan yang terjadi pada saat pemungutan suara nanti.

“Karenanya, pada saat simulasi tersebut kami melibatkan masyarakat setempat. Agar mereka mengetahui dan memahami apa yang terjadi saat proses pemungutan suara nanti,” kata Deddy.

Ia mengatakan, pada simulasi tersebut, pihaknya memperagakan proses pemungutan suara sampai kepada penghitungan. Serta pengisian hasil rekapan suara pada form-form yang sudah disediakan pada tingkat KPPS.

Dimana sebelum pelaksanaan pemungutan suara, KPPS sudah menyiapkan logistik Pemilu, seperti surat suara, bilik suara, dan kotak suara. Serta menempelkan daftar pemilih tetap (DPT) dan nama caleg pada setiap dapil.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah, sebelum pelaksanaan pemungutan suara dilakukan sumpah janji petugas TPS,” terangnya.

Sementara untuk simulasi perhitungan suara  juga dilakukan. Ini penting, karena pada saat pelaksanaan Pemilu 2019 ini format dan sistemnya berbeda dengan sebelumnya.

“Ya intinya, kami mencoba memberikan pemahaman kepada masyarakat, akan hal atau proses yang terjadi pada saat pemungutan suara di tanggal 17 April 2019 nanti,” tuturnya. (mkr/SP)

Kategori:
Bagikan