Sulteng Kembali Diguncang Gempa, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

Jumat, 12 Apr 2019 21:41 WIT
BMKG

TIMIKA | Gempa bumi bermagnitudo 6,9 kembali mengguncang wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Jumat (12/4) pukul 18.40 Waktu Indonesia Barat (WIB). 

Berdasarkan Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terletak pada koordinat 1,90 Lintang Selatan dan 122,54 Bujur Timur atau 85 km Barat Daya Banggai, Kepulauan Sulteng, pada kedalaman 10 km.

Getaran gempa dirasakan di Sumalata III Modified Mercalli Intensity (MMI), Manado II MMI, Gorontalo II-III MMI, Kotamobagu III MMI, di Kolaka utara III -IV MMI, Kendari II -III MMI, Konawe II MMI, Kolaka III MMI, konawe kepulauan III MMI.

Terjadinya gempa tersebut BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah Sulteng. Berdasarkan pemodelan, daerah yang berpotensi tsunami terkonsentrasi di Kabupaten Morowali. 

BMKG menetapkan wilayah Morowali pada status waspada tsunami. Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang berada pada status "waspada" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Imbauan potensi tsunami tersebut untuk diteruskan kepada masyarakat. Warga diminta agar mengikuti arahan peringatan dini tsunami dari BPBD, BNPB dan BMKG. (rum/SP)

Kategori:
Bagikan