Bawaslu Mimika Beri Batas Waktu Partai dan Caleg Bongkar APK

Minggu, 14 Apr 2019 21:43 WIT
APK peserta Pemilu 2019 sampai 14 April 2019 masih terpasang di beberapa sudut Kota Timika. (Foto:Ist/SP)

TIMIKA | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mimika memberikan kesempatan waktu kepada partai politik (parpol) dan calon legislatif (caleg) untuk membongkar alat peraga kampanye (APK) sampai Senin (15/4) pukul 00.01 WIT.

Komisioner Bawaslu Mimika, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Budiono mengatakan, jadwal kampanye dimulai 23 September 2018 sampai 13 April 2019 termasuk pemasangan APK.

Kata Budiono, pihaknya menyurat parpol dan Caleg tanggal 9 April lalu terkait himbauan kepada peserta Pemilu untuk menurunkan semua APK.

"Kami kasih waktu untuk dilakukan pembongkaran sampai Senin (15/4) dini hari. Apabila sampai malam ini tidak dibongkar sendiri, maka besok kami akan bongkar," kata Budi saat ditemui di Graha Eme Neme Yauware, Minggu (14/4).

Sebelumnya kata Budiono, para caleg dan partai memberikan uang jamiman pembongkaran sebesar Rp50 ribu per APK ke bagian perijinan. Namun jika APK dibongkar sendiri oleh Caleg, maka dana tersebut akan dikembalikan.

"Tetapi jika pembongkaran itu dilakukan oleh Satpol PP, maka jaminan tersebut secara otomatis hangus. Kami sudah koordinasi dengan menyurat ke Satpol PP untuk mendukung dalam melakukan pembongkaran besok," tuturnya.

Budiono menambahkan, saat ini sudah masuk masa tenang. Untuk itu kampanye dalam bentuk apapun, termasuk di media sosial tidak diperbolehkan.

"Elektronik itu mulai 21 Maret sampai 12 April.  Media sosial mulai 24 Maret sampai 13 April. Sehingga kami imbau kepada peserta Pemilu untuk membongkar APK dan tidak berkampanye lagi dimana pun medianya," himbaunya. (mkr/SP)

Kategori:
Bagikan