KPU Mimika dan Forkopimda Evaluasi Pendistribusian Logistik

Senin, 15 Apr 2019 20:40 WIT
Indra Ebang Ola

TIMIKA | Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika, Provinsi Papua mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke sejumlah distrik dan kampung baik yang ada di pesisir pantai maupun pegunungan. 


Pendistribusian logistik pemilu dikawal aparat keamanan yang juga akan bertugas mengamankan jalannya pemungutan suara di setiap TPS.


KPU kemudian mengadakan rapat evaluasi pelaksanaan distribusi logistik selama dua hari ini bersama pihak terkait. 


Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Horison Ultima Timika, dihadiri Kapolres Mimika, Dandim 1710 Mimika, dan Pemkab Mimika yang diwakili Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola didampingi komisioner KPU Mimika.


Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola mengatakan, rapat evaluasi ini dilakukan untuk mengecek sejauhmana pelaksanaan pendistribusian, apakah ada persoalan ataukah tidak, dan bagaimana jalan keluarnya. 


"Seperti masalah hari ini, pendistribusian logistik ke Aroanop dan Hoya tertunda karena cuaca. Ini kan kurang dua hari, sehingga bagaimana memastikan semua logistik bisa tiba di TPS masing-masing," tuturnya. 


Terkait daerah rawan seperti di sejumlah kampung di Distrik Tembagapura dan Kampung Nayaro,  kata Indra, pihak keamanan telah menjamin penuh keamanan masyarakat dalam menggunakan gak pilihnya maupun keamanan di TPS. 


"Ya masalah keamanan, sudah jadi tanggungjawab dan perhatian aparat keamanan. Sehingga masyarakat tidak perlu kuatir dengan pihak-pihak yang ingin mencoba mengganggu pelaksanaan pemilu tahun ini," katanya.


Ia mengatakan, pendustribusian logistik khusus ke Distrik Tembagapura mendapat dukungan dari PT Freeport Indonesia. 


"Sebelumnya kami sudah pernah menyurat untuk meminta dukungan dalam pelaksanaan Pemilu. Khususnya masalah transportasi. Dan Freeport sangat mendukung," tuturnya.


General Superintendent Govrel PTFI, Harry Johansyah mengatakan, pihaknya mendukung dalam pendistribusian mulai di Graha Eme Neme ke LIP dan dilanjutkan ke Tembagapura.


"Dari Tembagapura akan kami geser ke Waa-Banti dan Opitawak. Sementara untuk kampung yang khusus, pendistribusian menggunakan helikopter, seperti Tsinga dan lainnya," katanya.


"Ya intinya, kami siap mendukung pelaksanaan Pemilu dengan baik. Dan berharap cuaca dan kondisi yang ada bagus. Sehingga semua bisa berjalan dengan baik," tuturnya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan