Proses Pemungutan Suara Terlambat, Ketua KPU Mimika: Tidak Semuanya

Rabu, 17 Apr 2019 13:56 WIT
Seorang petugas KPPS di TPS 33 Kelurahan Inauga, Distrik Wania menunggu kedatangan kunci. (Foto: Batt/SP)

TIMIKA | Masyarakat Kabupaten Mimika menyambut pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Daerah,  Dewan Perwakilan Daerah RI,  Provinsi dan Kabupaten dengan mulai berdatangan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). 


Warga dan saksi parpol datang sebelum pukul 7.00 WIT. Kotak suara sudah berada di TPS, namun petugas pendistribusian tidak menyerahkan kunci kotak suara.  


Akibatnya, di sejumlah TPS hingga pukul 8.00 WIT pemungutan suara belum juga dimulai. Padahal saksi dan anggota KPPS sudah hadir. Seperti yang terjadi di TPS 33 Kelurahan Inauga, Distrik Wania. Kondisi ini juga terjadi di sejumlah TPS di wilayah itu.


Ketua KPUD Mimika, Indra Ebang Ola mengakui adanya keterlambatan dalam pelaksaan pemungutan suara.  


"Memang betul ada kasus seperti itu, tetapi tidak secara keseluruhan. Ini persoalan pendistribusian saja. Armada dan petugas yang memang terbatas," ungkap Indra di Timika,  Rabu (17/4). 


Ia menambahkan, secara keseluruhan pelaksanaan pemungutan suara berjalan aman dan lancar.  Pihak keamanan juga menjamin warga dapat menggunakan hak politiknya dengan aman. 


"Hingga saat ini semua berjalan aman dan lancar.  Memang ada laporan agak terlambat dan persoalan di sejumlah TPS tapi semua itu bisa diatasi," jelasnya. 


Indra berharap, kondisi ini berjalan terus dengan baik dan meminta agar warga,  parpol dan caleg juga ikut menjaga keamanan pelaksanaan Pemilu 2019 di Mimika. (Batt/SP)

Kategori:
Bagikan