Oknum Caleg di Mimika Kedapatan Sebar Formulir C6

Rabu, 17 Apr 2019 19:38 WIT
Ilustrasi

TIMIKA | Seorang calon legislatif (caleg) peserta Pemilu untuk DPRD Kabupaten Mimika, diamankan Bawaslu dan aparat keamanan setelah kedapatan membagi formulir C6 atau pemberitahuan memilih, Rabu (17/4). 

Komisioner Bawaslu Mimika, Koordinator Divisi Penindakan, Emanuel Waromi, mengatakan pihaknya menerima informasi dari kepolisian bahwa ada oknum caleg berinisial YM sedang membagi-bagikan form C6 di salah satu TPPS di Jayanti, Kelurahan Kuala Kencana.

Oknum caleg tersebut membagikan form C6 kepada warga untuk mencoblos, dan tidak diketahui kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), maupun Panitia Pemilihan Distrik (PPD).

“Pada saat oknum caleg itu diamankan, ditangannya didapati form C6 dan poster. Dari temuan tersebut, maka yang bersangkutan langsung diamankan di Polsek Kuala Kencana,” kata Waromi saat ditemui di Sentra Gakkumdu. 

Waromi belum memastikan berapa banyak form C6 yang telah dibagikan oknum caleg itu kepada warga. Namun, Bawaslu menemukan beberapa lembar C6 ketika mendatangi tempat kejadian perkara. 

Menurut Waromi, ada indikasi oknum caleg tersebut menggandakan formulir C6 kemudian dibagi-bagikan kepada warga untuk dipakai datang ke TPS melakukan pencoblosan. 

“Dari hal ini, maka langkah yang dilakukan adalah melakukan tindak lanjut. Karena, untuk C6 itu tidak boleh dibagi-bagikan oleh seorang caleg,” jelasnya. (mkr/SP)

Kategori:
Bagikan