Pelaku Penembakan di Area Freeport Diduga Pemain Lama

Pelaku Penembakan di Area Freeport Diduga Pemain Lama
Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar.- (Foto : Dok seputarpapua.com )

TIMIKA | Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar menduga pelaku teror penembakan di Mile Point 68 area PT Freeport Indonesia, Timika, Kamis (17/8/17) lalu, merupakan pemain lama. Kapolda menyebut, pelaku teror yang melakukan aksi penembakan tepat di hari kemerdekaan Indonesia itu, diduga kuat pernah melakukan serangkaian aksi serupa sebelumnya di sekitar area PT Freeport.

“Ya, patut diduga (kelompok mereka pernah melakukan serangkaian teror sebelumnya). Mereka ini mobile di sekitar bukit mulai dari MP 60 ke atas,” kata Kapolda di Timika, Sabtu (19/8/17).

Meski begitu, Kapolda belum bisa memastikan pelaku penembakan adalah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan AW, yang pernah menembak mati dua anggota Brimob di Banti, Tembagapura, 2015 silam.

“Kami belum sebutkan (kelompok AW). Yang jelas, basis mereka di sekitar Kali Kabur,” kata dia.

Dugaan tersebut, kata Kapolda, menyusul proses investigasi dan olah TKP yang telah dilakukan kepolisian hingga berhasil mengidentifikasi terduga pelaku.  

“Kita sudah olah TKP, kita sudah investigasi. Kita sudah punya data-data mereka. Kelompok yang melakukan sudah kita identifkasi, hanya tinggal tunggu waktu saja,” ungkapnya.

IKLAN-TENGAH-berita

Pasca penembakan tersebut, Kapolda memastikan akses jalan tambang menuju hight land (dataran tinggi) Freeport sudah normal kembali.

“Kami pastikan tidak ada masalah. Sudah aman, konvoi kendaraan sudah normal kembali seperti biasa,” ujarnya.

Sebelumnya, kendaraan pengawal trailer jenis Toyota LWB milik PT Freeport diberondong tembakan oleh Orang Tak Dikenal (OTK) di sekitar MP 60, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, Kamis (17/8/17) sekitar Pukul 13.00 Wit siang lalu. 

Penembakan tersebut mengakibatkan seorang anggota Brimob Polda Riau yang tergabung dalam Pengamanan Objek Vital Nasional (Obvitnas) atau Satgas Amole, Bharada R Arga, terluka akibat pecahan kaca kendaraan. (rum/SP)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar