Satpol PP Bongkar Pondok-pondok Karyawan Mogok

Satpol PP Bongkar Pondok-pondok Karyawan Mogok
BONGKAR -Satpol PP dan TNI-Polri saat melakukan pembongkaran pondok-pondok yang biasanya dijadikan tempat berkumpulnya karyawan mogok

TIMIKA I Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) didukung TNI-Polri melakukan pembersihan terhadap pondok-pondok yang digunakan sebagai tempat berkumpul karyawan mogok kerja di Kota Timika, Papua, Minggu (20/8/17).

Pembersihan dilakukan di tiga titik, yakni Jalan Pendidikan (depan kediaman mantan Ketua PUK SP-KEP SPSI PTFI, Sudiro), Jalan Kartini (depan Sekretariat DPC SPKEP SPSI Mimika) dan Jalan Budi Utomo (depan Sekretariat DPC SP-KEP SPSI PTFI).

Dalam melakukan pembersihan tersebut, Satpol PP Mimika menyiapkan lima armada truk untuk mengangkut papan dan kayu dari pondok-pondok karyawan mogok.

Pembubaran pertama dilakukan di kediaman Sudiro. Sekelompok massa karyawan kaget dengan kedatangan aparat keamanan. Sontak sebagian dari mereka menolak dilakukan pembubaran.

Meski demikian, aparat gabungan tetap melaksanakan perintah untuk tetap membubarkan kelompok massa serta membongkar pondok-pondok mereka di areal tersebut.

Selanjutnya, aparat bergeser ke Jalan Kartini, karyawan yang masih berada di areal tersebut langsung dibubarkan. Sempat ada ketegangan, hanya saja karyawan tetap mundur dan tidak melakukan perlawanan sampai giat pembongkaran selesai.

IKLAN-TENGAH-berita

Kemudian, dilanjutkan ke  Jalan Budi Utomo. Hal yang sama, aparat gabungan membongkar tenda  yang ada, serta melepas semua spanduk-spanduk yang tertempel di areal tersebut.

Kepala Satpol PP Mimika, Septinus Marandof mengatakan, pihaknya melakukan pembongkaran yang didukung TNI-Polri sesuai hasil koordinasi dan instruksi dari pimpinan. Dimana dalam pembongkaran ini pihaknya menurunkan 50 anggota Satpol PP.

“Semua tempat-tempat kumpul mereka kita bongkar karena dijadikan tempat menyusun rencana dan strategi melakukan demo,” jelas Marandof.

Namun saat operasi penertiban, tak satupun penghuni nampak mendiami Posko. Padahal, biasanya posko-posko tersebut ramai ditempati karyawan korban PHK, baik siang maupun malam.

“Barang-barang yang disita akan dibakar. Kalau mereka bangun lagi, kita akan bongkar lagi,” kata Marandof.

Sementara Kabag Ops Polres Mimika, Kompol I Nyoman Punia mengatakan, pihaknya mengawal Satpol PP dalam melakukan pembersihan pondok-pondok liar di trotoar, yang seharusnya untuk pejalan kaki.

“Masyarakat sudah merasa resah dan apalagi dekat dengan sekolah. Kepolisian melakukan sesuai SOP, dan apabila ada pelanggaran akan ditindak tegas tanpa pandang bulu,” kata Kabag Ops.

Kata dia, saat ini ituasi masih bisa dikendalikan, dan akan terus dilakukan pengamanan, agar aktifitas masyarakat berjalan normal dan tidak terasa terancam.

“Apabila ada lporan dari karyawan lain yang diintimidasi akan langsung direspon,” tegas dia. (mjo/SP)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar