Kurangi Angka Malaria Dibutuhkan Peran Masyarakat 

Rabu, 24 Apr 2019 16:50 WIT
Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika

TIMIKA | Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan adalah hal yang paling penting untuk menekan angka penyakit malaria di Kabupaten Mimika, Papua. 

Dinas Kesehatan telah berupaya untuk mengurangi angka malaria dengan berbagai macam cara yang dapat dilakukan. Salah satunya, sosialisasi penggunaan kelambu. 

Kepala Dinas Kesehatan Mimika Alfred Douw mengatakan, semua upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan itu efektif dalam mengurangi penyakit malaria. 

"Upaya yang di lakukan Dinkes diantaranya mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, sosialisasi pemakaian kelambu dan upaya penyemprotan serta pembangunan Puskesmas dan Pustu," tutur Alfred, di Timika,  Rabu (24/4).

Alfred juga katakan bahwa untuk sekarang yang paling efektif adalah pemakaian kelambu. 

"Karena dengan adanya suplay kelambu per tiga tahun dan kelambu rutin untuk ibu hamil. Total kelambu yang sudah ada sekarang sebanyak 750 dari Kementrian, dan secara keseluruhan angka malaria dari tahun sebelumnya mengalami penurunan," kata Alfred.

Sementara itu dari Penanggung Jawab Program Malaria Samson Manao, katakan bahwa penyakit malaria itu  penyakit yang berbasis lingkungan. 

"Kalau berbicara soal lingkungan berarti semua lintas sektor, semua mitra yang ada di Kabupaten Mimika ini wajib mengambil bagian dan bisa bekerja sama dalam menyelesaikan masalah itu," ujar Samson.

Samson juga menambahkan  bahwa penggunaan kelambu merupakan salah satu cara yang efektif.

"Penggunaan kelambu cukup efektif karena kelambu menghindari langsung dari gigitan nyamuk, dan apabila cara penggunaan serta cara merawatnya sesuai dengan aturan, yang mana Kelambu efektifnya tiga tahun. Saya rasa itu sangat efektifitas," imbuh Samson.(Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan