Bupati Pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah Ke XXIII

Kamis, 25 Apr 2019 12:35 WIT

TIMIKA | Bupati Mimika, Provinsi Papua, Eltinus Omaleng memimpin upacara hari Otonomi Daerah Ke-XXIII yang berlangsung di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Kamis (25/4). 


Hadir dalam upacara tersebut,  Forkopimda, para pimpinan OPD Pemkab Mimika dan tamu undangan lainnya. Pada Hari Otonomi Daerah Ke-XXIII mengusung tema "Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif".


Dalam Amanatnya, Eltinus Omaleng mengatakan, tema kegiatan ini merupakan refleksi dan espektasi masyarakat kepada pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memberdayakan Otonomi Daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah


Bupati juga memberikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung penyelenggaraan Pemilu 2019 khususnya di Kabupaten Mimika yang berjalan aman dan lancar. 


Ia juga menambahkan perhitungan suara pasca pencoblosan juga berlangsung dengan tertib, meskipun di beberapa tempat terjadi protes, namun secara keseluruhan berlangsung sangat baik. 


"Diharapkan senantiasa menjaga suasana kondusif di masyarakat, sehingga pelayanan publik dan aktifitas pemerintah terselenggara dengan aman, lancar dan terkendali," tambah Eltinus. 

 

alt text

 


Eltinus menuturkan, tujuan diselenggarakan otonomi daerah adalah untuk terwujudnya kesejahteraan melalui peningkatan pelayanan serta partisipasi aktif masyarakat. 


Ia menambahkan, ada tiga hal prinsip di dalam Otonomi Daerah. Pertama, otonomi daerah telah mendorong budaya demokrasi ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Dan memberikan nuansa baru dalam sistem pemerintahan daerah. 


Kedua, Iklim kebebasan berkumpul, bersikap serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat. 


Ketiga, pemerintah daerah telah diberikan kewenangan yang lebih luas dalam mengelolah dan menggarap potensi ekonomi yang ada di daerah. 


Untuk itu, Eltinus mengharapkan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah harus memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik sebagai wujud pelaksaan reformasi di daerah. 


Diakhir Amanat Eltinus mengajak semua peserta upacara untuk sama-sama  meningkatkan kinerja pemerintah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat, guna mewujudkan kesejahteraan rakyat dan meningkatkan kinerga yang kreatif dan inovatif serta mengoptimalkan berbagai sumber daya yang ada baik itu sumber daya manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (ADA) 


"Semoga dengan semangat hari otonomi daerah ini dapat merefleksikan kembali makna otonomi daerah. Sehingga dapat melakukan yang terbaik bagi bangsa ini,". tuturnya. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan