Sudah 571 Pelamar Daftar Seleksi CPNS Mimika

Jumat, 26 Apr 2019 15:16 WIT
Paskalis Kirwelakubun

TIMIKA | Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Pemda Mimika, Paskalis Kirwelakubun mengatakan, hingga Jumat (26/4) sekitat 571 pencari kerja di Mimika mendaftar selesksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Mimika.

"Sampai saat ini jumlah (pelamar, red) 571," kata Paskalis kepada Seputarpapua.com, Jumat.

Jumlah pelamar kemungkinan akan terus bertambah karena pendaftaran seleksi CPNS dilakukan secara online melalui situs htpps://sscn.bkn.go.id berlaku sejak 24 April hingga 17 Mei, sedangkan berkas fisik dikirim ke Pemda Mimika melalui Kantor Pos.

Untuk verifikasi berkas pelamar, kata Paskalis baru akan dilakukan Senin nanti. "Hari Senin baru mulai,"ujarnya.

Sebelumnya Pjs Sekda Mimika Marthen Paiding mengatakan bahwa total formasi pegawai yang dibutuhkan berjumlah 300 orang dengan rincian, formasi tenaga guru 111 orang, tenaga kesehatan 117 orang dan tenaga teknis 72 orang.

"Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi pelamar," kata Marthen.

Agar bisa mengikuti seleksi tes CPNPS di Mimika, pelamar harus memenuhi dua persyaratan yang sudah ditentukan. Pertama, persyaratan umum sebagai warga negara Indonesia dan tidak menjadi pengurus partai politik, juga harus sehat jasmani dan rohani. 

Kedua, persyaratan khusus, pelamar harus Orang Asli Papua (OAP) dan merupakan garis keturunan OAP dari bapak atau ibu, dibuktikan dengan kartu tanda penduduk Papua dan kartu keluarga.

Sementara pelamar dari non asli Papua dialokasikan 20 persen sesuai dengan kebutuhan formasi dan masing-masing jabatan.

Non asli Papua yang dimaksud adalah, lahir dan besar di Papua (Labepa) dibuktikan dengan kartu tanda penduduk Papua, kartu keluarga  serta melampirkan foto kopi sah ijazah SD, SMP dan SMA sederajat. 

"Untuk formasinya 80 persen untuk orang asli Papua dan 20 persen untuk Non Papua yang lahir besar di Timika," jelas Marthen.

Marthen menambahkan, pendaftaran dilakukan melalui situs sscb.bkn.go.id dan berkas pelamar dikirim ke Badan keegawaian Mimika melalui kantor Pos dengan alamat PO BOX 3000 dengan cop surat kepada Bupati Mimika.

"Jadi berkas itu akan di verifikasi untuk memastikan apakah pelamar Orang Asli Papua atau lahir besar di Papua," tutur Marthen.(Azk/SP)

Kategori:
Bagikan