Gempa di Kabupaten Puncak, Terasa Hingga Mimika, Karyawan Freeport Berhamburan

Sabtu, 27 Apr 2019 23:43 WIT
Karyawan PT Freeport Indonesia berhamburan keluar barak mencari tempat aman saat merasakan gempa. (sumber screnshot live fb Enok Palinggi)

TIMIKA | Gempa berkekuatan 5,0 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Puncak, Papua, terasa hingga di Kabupaten Mimika. 

Gempa yang tidak berpotensi tsunami itu terjadi, pada Sabtu (27/4) sekitar pukul 22.32.55 WIT. 

Sebagian besar warga di Kota Timika ikut merasakan gempa tersebut. Zahra misalnya, menurutnya saat gempa terjadi, dirinya sedang duduk main game. 

"Saya rasa gempa sekitar 5 detik," kata Zahra kepada media ini. 

Gempa tersebut juga sangat terasa di area Perusahaan PT Freeport Indonesia. Para karyawan terlihat berhamburan keluar barak untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. 

Seperti yang terlihat pada akun facebook (fb) milik Enok Palinggi. Dalam akunnya itu dia live memperlihatkan para karyawanan berhamburan keluar barak, dan berdiri di jalan-jalan untuk mencari tempat aman. 

Hingga kini belum diketahui apakah ada korban jiwa maupuan kerusakan akibat gempa di Kabupaten Puncak, yang terasa hingga di Mimika. 

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya mencatat, titik pusat gempa berada di koordinat 4,39 Lintang Selatan (LS) dan 137,20 Bujur Timut (BT).

Pusat gempa berada di 73 km arah barat daya Puncak, Papua, dengan kedalaman 10 km. (ipa/SP)

Kategori:
Bagikan