Pemkab Mimika Gelar Rapat Monitoring Persiapan PON 2020

Senin, 29 Apr 2019 18:28 WIT

TIMIKA | Bupati Mimika, Provinsi Papua, Eltinus Omaleng kembali melakukan pertemuan dengan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membahas persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 di daerah itu. Rapat ini berlangsung di Pendopo Rumah Negara, Senin (29/4). 


Eltinus Omaleng mengatakan ada beberapa sarana dan prasarana yang paling utama dan tidak boleh disepelehkan dalam penyelenggaran PON 2020 nanti. 


"Sarana dan prasarana tersebut diantaranya seperti masalah makan dan minum (konsumsi) para atlit, alat-alat transportasi, serta hotel untuk hunian para atlet dan pendampingnya," ucap Eltinus. 


Eltinus mencontohkan, untuk minum para atlet apakah disediakan air minum kemasan jenis Aqua, Lee Mineral atau kan merk lain. 


"Hal seperti inilah yang terlebih dahulu kita siapkan sebagai tuan rumah PON ke XX tahun 2020 nanti," jelas Eltinus. 


Eltinus menegaskan, kesuksesan penyelenggaraan bukan hanya pada venue pertandingan tetapi sarana dan prasarana pendukung juga harus disiapkan dengan baik. 


"Jangan katakan bahwa sudah membangun sekolah serta sudah memperbaiki ini itu lalu dengan begitu kita sudah siap?? Tidak sama sekali," tegas Eltinus. 


Eltinus menuturkan, tamu yang nantinya akan datang pada PON 2020  kurang lebih sebanyak 8000 orang sehingga persiapan Kabupaten Mimika harus betul-betul dimaksimalkan. 


Ia kembali mencontohkan, kesiapan alat transportasi. Apakah Dinas Perhubungan telah memiliki perencanaan kebutuhan bus untuk mengangkut para atlet.


"Dinas perhubungan harus mempersiapkan berapa banyak bus-bus untuk dapat mengantarkan para atlet, serta nantinya bus tersebut harus di parkir dimana, itu yang perlu di pikirkan," jelas Eltinus. 


Sedangkan untuk hotel atau penginapan, Eltinus menekankan harus memiliki fasilitas yang baik guna menjamu para duta olahraga dari berbagai provinsi di Indonesia ini.


"Kita harus menetukan hotel yang nyaman dan memenuhi fasilitas untuk para atlet nanti," kata Eltinus. 


"Hal-hal seperti inilah yang terlebih dahulu kita pikirkan jika ingin mengatakan bahwa Mimika siap menyelenggadakan PON 2020," tutupnya. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan