Kemenkeu Gelar FGD dengan Pengelola Keuangan Satker di Mimika

Senin, 29 Apr 2019 19:19 WIT

TIMIKA | Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait Aspek Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Negara dan Penyelesaian Tindak Pidana Korupsi. 


Kegiatan ini berlangsung di Hotel Horizon Ultima Timika, Senin (29/4) dan sebagai peserta diskusi mereka yang telibat dalam pengelolaan keuangan negara. 


Sebagai narasumber dari diskusi ini Kasubdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Syakran Rudi, Kasie Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Mimika Achmad Bhirawa Bissawab dan Kasat Reskrim Polres Mimika AKP I Gusti Agung Ananta Pratama. 


Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan dan mengedukasi seluruh pengelola keuangan pada Satuan Kerja (satker) guna memahami bagaimana pengeloaan keuangan yang benar.  


Selain itu, agar pengelola keuangan paham mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan sehingga terhindar dari Tindak Pidana korupsi. 


"Intinya dari kegiatan ini adalah untuk paham, Uang itu untuk apa? , bagaimana mempertanggung jawabkannya? , siapa bertanggung jawab apa? " sahut kakanwil DJPb Provinsi Papua Agung Yulianta. 


"Kegiatan ini ditujukan kepada semua Pengelola Keuangan. Kegiatan ini yang pertama kali dilakukan di tahun 2019. Mungkin akan terus berlanjut kedepannya, makin sering dilakukan makin bagus, supaya kita sadar akan hukum dan sadar akan kepatuhan keuangan" lanjutnya. 


"Untuk sumber keuangan papua sendiri itu berasal dari APBD dan penyalurannya sudah sangat baik mencapai sekitar 95%, pendapatannya melampaui penyerapannya juga bagus" sahutnya lagi. 


"Tetapi untuk Nasional masih kurang karena standarnya itu harus mencakup 99%," tambahnya. 


Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan pemahaman baru bagi setiap pengelola Keuangan Negara untuk bekerja sesuai dengan aturam sehingga terhindar dari Tindak Pidana Korupsi. (CR-03/SP)

Kategori:
Bagikan